Jurnalistika

Sambangi PMRS, Budayawan TB Saptani Beri Pesan Gerak Kebudayaan

  • Firmansyah

    31 Agt 2022, 20:02 WIB

    Bagikan:

image

Masyarakat Sunda tengah bermain alat musik tradisional. (foto, dok: sultan tv)

jurnalistika.id – Budayawan, Tubagus (TB) Saptani menyambangi Sekretariat Paguyuban Mahasiswa Rantau Sunda (PMRS) di Jl. Kodiklat TNI, Buaran, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kedatangan Budayawan Sunda asal Banten itu diterima Formateur Ketua Umum PMRS 2022-2023 Ihsan Hidayatullah beserta jajarannya, Rabu (31/8/2022).

TB Saptani berfoto bersama pengurus Paguyuban Mahasiswa Rantau Sunda periode 2022-2023 di Sekretariat PMRS, Serpong. (Dok: Istimewa)

Dalam kesempatan tersebut, Pria yang karib disapa Kang TB itu memaparkan pandangannya tentang Kebudayaan.

Menurutnya, sebagai organisasi mahasiswa yang bergerak dalam tema kebudayaan, PMRS bisa membuat berbagai karya khususnya yang berkaitan dengan pelestarian Budaya Sunda.

“Seperti meneliti berbagai manuskrip peninggalan pada masa kerajaan maupun Kesultanan yang pernah eksis di tanah Pasundan,” kata Kang TB.

Selain itu, ia pun berpesan agar PMRS dapat menginisiasi Kongres Kebudayaan di Kota Tangsel.

“Kongres Kebudayaan itu bisa diisi dengan berbagai kegiatan. Seperti karnaval, diskusi publik, pameran kuliner Nusantara, dan lain-lain,” sebutnya.

Sementara itu, Formateur Ketua Umum PMRS Ihsan Hidayatullah menyambut baik pandangan dan usulan dari Kang TB Saptani. Diakuinya, di usianya yang keempat tahun, saat ini PMRS masih perlu berimprovisasi terkait arah gerak organisasi.

Meski demikian, Ihsan yang terpilih sebagai Ketua Umum pada Kongres ke-4 ini menegaskan bahwa PMRS merupakan organisasi mahasiswa yang salah satu tujuannya untuk melestarikan Kebudayaan.

“Alhamdulillah dan terima kasih atas kedatangan Kang TB Ke sekretariat kami. Benar bahwa PMRS harus memiliki ciri khas karya untuk bisa melestarikan, mengembangkan Budaya sesuai dari tujuan dari pada organisasi,” ujarnya.

Ia berkata, sebagai sosok yang akan memimpin PMRS selama satu periode ke depan, ia mengaku mendapat energi positif untuk membawanya ke arah lebih baik.

“Apa yang tadi kang TB sampaikan menjadi energi positif bagi Ketua umum dan untuk pengurus yang kebetulan hadir berada di tengah-tengah diskusi. Semoga apa yang menjadi pesan dan apa yang menjadi pembahasan diskusi singkat itu menjadi target tujuan,” tambahnya.

Formateur Sekretaris Jenderal PMRS, Fikri Rahmatan menambahkan, PMRS berkomitmen untuk memperkaya perspektif mahasiswa akan kebudayaan. Ia mengaku apa yang kang TB sampaikan sesuai dengan tujuan organisasi.

Senada juga disampaikan oleh Formateur Bendahara PMRS, Sabrina Nur Fadilah. “(Pesan Kang TB) menjadi salah satu motivasi untuk kepengurusan, dan menjadi motor penggerak agar hal itu dapat direalisasikan,” tukas Sabrina.

Untuk diketahui, pengurus PMRS periode 2022-2023 akan dilantik pada Sabtu, 3 September 2022. Pelantikan yang akan berlangsung di Aula DPRD Kota Tangsel itu sekaligus Dialog Kebudayaan bertema, ‘Reaktualisasi Organisasi guna Meningkatkan Kekeluargaan yang Harmonis dan Edukatif’.

Ikuti berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini.

(fsy)

Paguyuban Mahasiswa Rantau Sunda

Pmrs