Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Roy Suryo Minta Maaf Soal Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

  • Firmansyah

    17 Jun 2022, 05:30 WIB

    Bagikan:

image

Eks Menpora RI Roy Suryo (Dok: Kemenpora RI)

jurnalistika.id – Roy Suryo minta maaf usai ungahan foto editan atau meme stupa candi Borobudur mirip wajah Presiden Jokowi menuai polemik.

Roy pun mengaku menyesal telah membagikan meme yang ia akui membagikannya setelah seseorang me-mention akun twitternya.

“Kegaduhan ini bukan saya mengelak, saya bertanggungjawab penuh. Tapi saya coba dudukkan proporsinya. Satu saya bukan uploader pertama. Kedua postingan saya terkait dengan naiknya tiket. Tidak ada kata-kata saya dalam postingan itu yang menyentuh umat Buddha atau menyentuh agama,” ujarnya di Polres Jakarta Selatan, Jumat (17/6/2022).

Untuk itu, Roy Suryo mengatakan ingin membantu polisi untuk menemukan pengunggah pertama foto patung candi Borobudur yang mirip wajah Jokowi tersebut.

“Saya menawarkan diri kepada polisi untuk membantu, bukan hanya menjadi saksi. Sekaligus menunjukan url-nya,” kata eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ini.

Kendati memiliki kontak penyebar awal foto tersebut, Roy mengatakan bahwa mereka sudah mematikan link meme itu untuk melarikan diri.

“Saya sudah simpan, karena beberapa sudah mati linknya beberapa sudah off atau mereka sudah lari. Kemudian mereka tidak tanggung jawab,” ucapnya.

Melansir Detikcom, sebelumnya Roy Suryo melaporkan 3 akun media sosial pengungah ‘pertama kali’ foto editan patung Buddha yang mirip Presiden Jokowi.

“Iya yang dilaporkan itu adalah pengunggah pertama. Yang diketahui oleh kami ada tiga akun,” kata kuasa hukum Roy Suryo, Pitra Romadoni, kepada wartawan, Kamis (16/6).

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google Newsklik di sini.

(fsy)

Candi Borobudur

roy suryo

roy suryo candi borobudur

stupa mirip jokowi