Jurnalistika

Rektor Unpam Sambut Baik Program Kebudayaan PMRS bagi Mahasiswa

  • Firmansyah

    09 Sep 2022, 11:55 WIB

    Bagikan:

image

Rektor Unpam Dr. E Nurzaman (tengah) bersama pengurus PMRS periode 2022-2023 di ruang kerja Rektor. (Dok: istimewa)

Jurnalistika.id – Rektor Universitas Pamulang (Unpam) Dr. E Nurzaman menyambut baik program Paguyuban Mahasiswa Rantau Sunda (PMRS) soal kebudayaan di kalangan mahasiswa.

Menurutnya, sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang kebudayaan, PMRS harus mampu membuat terobosan agar bisa memperkenalkan nilai-nilai budaya Sunda.

“Khususnya dalam bahasa dan undak-usuk dalam istilah bahasa Sunda,” kata Nurzaman kepada Pengurus PMRS yang menemuinya di ruang kerja Rektor Unpam, Kamis (9/9/2022).

Ia berpesan agar ke depan, PMRS menggagas perlombaan puisi dan cerpen dalam bahasa Sunda.

“Sebagai langkah untuk melestarikan dan memperkuat nilai-nilai bahasa Sunda,” tambahnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa keberadaan organisasi sangat penting untuk meningkatkan kualitas diri mahasiswa.

Menurutnya, banyak ilmu yang bisa didapat dari organisasi. Hanya saja, Nurzaman mengatakan, mahasiswa harus memprioritaskan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa untuk mengikuti jadwal perkuliahan.

“Jadikan organisasi itu wadah untuk saling mengingatkan satu sama lain sesama satu rumpun. Dan jadikan PMRS sebagai wadah untuk kita mengasah kualitas dan mencari ilmu lebih dalam,” pesannya.

Baca: Era Digital jadi peluang Perkenalkan Budaya go Internasional

Ketua umum PMRS ihsan Hidayatullah mengatakan, pertemuan pihaknya dengan Rektor Unpam itu merupakan bentuk silaturahim untuk memperkenalkan bahwa di Unpam ada organisasi mahasiswa Sunda.

“Kami sudah bersilaturahmi dengan Pak Rektor untuk menyampaikan latar belakang PMRS juga program kerja selama satu periode ke depan. Khususnya program kerja yang sesuai dengan tujuan dan arah visi misi PMRS,” kata Ihsan.

Wakil Ketua Umum PMRS, Eneng Fika menambahkan, silaturahmi dengan Rektor Unpam menjadi kali pertama kepengurusannya melakukan audiensi. Hal tersebut, kata Eneng sebagai bentuk penghormatan kepada Universitas Pamulang di mana banyak kader PMRS adalah juga mahasiswa Unpam.

Menurutnya, pertemuan PMRS dengan Pak Nurzaman seperti bertemu dengan orang tua sendiri.

“Ini kali pertama kepengurusan PMRS periode 2022-2023 melakukan audiensi usai dilantik. Beliau menyambut baik kehadiran Kami di Unpam, kebetulan Pak Nurzaman orang Sunda juga jadi ngobrolnya berlangsung cair,” kata Fika.

Untuk diketahui, PMRS merupakan organisasi mahasiswa yang membawa spirit kebudayaan, anggotanya berasal dari berbagai kampus, namun mayoritas berasal dari Universitas Pamulang, organisasi ini terbentuk pada 26 Mei 2018.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google News klik di sini.

Paguyuban Mahasiswa Rantau Sunda

Pmrs

Rektor Unpam

universitas pamulang