Jurnalistika

Ratusan Pelaku UMKM Pamer Produk di Ajang Tangsel Digifest 2022

  • Firmansyah

    13 Agt 2022, 21:17 WIB

    Bagikan:

image

Stand UMKM pada ajang Tangsel Digifest 2022. (Foto: jurnalistika)

jurnalistika.id – Ratusan produk dari pelaku UMKM memamerkan produknya pada ajang Tangsel Digifest 2022 di area parkir Mall Teraskota, Serpong, Jumat dan Sabtu (12-13/8/2022).

Ajang yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Tangsel tersebut juga sekaligus untuk memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) 2022.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel Warman Sanudin. (Foto: jurnalistika)
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel Warman Sanudin. (Foto: jurnalistika)

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Tangsel, Warman Syahnudin mengatakan, terdapat 452 produk yang mengisi 60 stand yang pihaknya sediakan pada ajang yang digelar selama dua hari tersebut.

“Ada 452 produk UMKM yang kita tampilkan di Tangsel Digifest 2022. Mereka menempati 60 stand ini dan mungkin sampai besok, bergantian,” katanya.

Warman mengaku, pihaknya akan terus memfasilitasi dan mendorong para pelaku UMKM. Tak terkecuali produk UMKM dari disabilitas.

“Di beberapa tempat sudah kita fasilitasi bagaimana disabilitas yang dari daksanya, tuna rungunya kita fasilitasi bahwa produk UKM ini cukup bagus selain juga dipasarkan di sini kita bawa juga ke event lainnya,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, Tangsel Digifest 2022 terselenggara atas kerjasama berbagai pihak. Ia berharap agar ke depan sinergi antara stakeholder itu tetap terjaga sehingga laju perekonomian Tangsel bisa meningkat.

“Bahwa sinergitas antara Dinas Koperasi dan UKM Tangsel dengan para UKM terus untuk mengoptimalkan produk UKM,” pungkasnya.

PJ Gubernur Banten Apresiasi Tangsel Digifest 2022

Pembukaan Tangsel Digifest
PJ Gubernur Banten Al Muktabar bersama Wakil Walikota Tangsel Pilar Saga didampingi Kepala Dinas Koperasi dan UKM Warman Sanudin membuka Tangsel Digifest Fest (Foto: jurnalistika)

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Banten, Al Muktabar mengapresiasi Tangsel Digifest 2022. Menurutnya, ajang kreatif yang menghubungkan pelaku UKM dengan konsumen tersebut tentunya akan membuat ekonomi di Tangerang Selatan bergeliat.

“Dan di dalam tali rangkaian itu ada nilai tambah ekonomi dan itulah kehidupan kita,” kata Al Muktabar, Jumat.

Selain itu, Al Muktabar menilai, ekonomi di Tangsel berkembang luar biasa lantaran banyaknya basis-basis ekonomi.

“Pemerintah Provinsi Banten dengan Kabupaten Kota akan terus bersinergi untuk memfasilitasi segala agenda usaha agar ekonomi terus bergerak. Momen ini yang basis-basis digital untuk kita bisa menyambungkan tanpa batas administratif. Karena sesungguhnya batas bisa menjadi hambatan, tetapi dunia digital menyambungkan itu, sehingga hambatan menjadi peluang,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan mengatakan Tangsel Digifest 2022 ini adalah salah upaya Pemkot Tangsel melalui Dinas Koperasi dan UKM dalam rangka pemulihan ekonomi nasional.

“Dulu sebelum pandemi covid-19 laju pertumbuhan ekonomi Tangsel bisa mencapai rata-rata 7%. Namun, tahun 2020 tercatat laju pertumbuhan ekonomi kita jatuh menjadi minus 1%. Tapi Alhamdulillah saat ini laju pertumbuhan ekonomi sudah mencapai 4%,” kata Pilar.

Ia menambahkan pihaknya memerlukan komitmen bersama seluruh stakeholder untuk membangkitkan pertumbuhan ekonomi melalui basis ekonomi di Kota Tangsel.Ke depan, kata Pilar, ajang serupa akan pihaknya gelar dengan melibatkan pelaku UMKM dengan organisasi-organisasi yang ada di Tangsel.

“Jadi ini kita dorong terus mudah-mudahan dengan dukungan Pemprov Banten dan juga dukungan dengan Kementerian tentu saja pemulihan ekonomi di Tangsel bisa sesuai yang kita harapkan,” ungkapnya. (Adv)

Dinas Koperasi dan UKM Tangsel

Tangsel Digifest 2022

Warman Sanudin