Jurnalistika

Ratusan Kader PMII Ciputat Turun Ke Jakarta Tolak Kenaikan BBM

  • Firmansyah

    05 Sep 2022, 22:21 WIB

    Bagikan:

image

Aksi PB PMII menolak kenaikan BBM di Jakarta. (Dok: elshinta)

jurnalistika.id – Ratusan mahasiswa dari Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ciputat melakukan aksi unjuk rasa di Jakarta, Senin, 5 September 2022.

Mereka bergabung dengan ribuan massa dari PC PMII lain menggeruduk Istana untuk mendesak Presiden Jokowi menganulir kebijakan kenaikan BBM bersubsidi.

Koordinator dari PC PMII Ciputat, Ahmad Tobroni mengatakan, pihaknya memobilisasi 200 kader untuk mengikuti aksi menolak kenaikan BBM tersebut.

“Jumlah massa aksi yang turun dari Ciputat sebanyak 200 kader,” kata Ahmad dalam keterangannya, Senin.

Aksi tersebut, kata dia, selain merupakan instruksi Pengurus Besar PMII, juga karena kesadaran mahasiswa bahwa kenaikan BBM memberatkan masyarakat.

“Di samping itu, kita secara sadar bahwa sebagai mahasiswa pergerakan ketika melihat ketidakadilan maka yang harus kita lakukan adalah melawan,” sambungnya.

Demo PMII tolak kenaikan BBM
Aksi tolak kenaikan BBM PB PMII. (Dok: Instagram pmii-official)

Lebih lanjut, ia memastikan seluruh kader PMII Ciputat yang mengikuti aksi tersebut sudah kembali.

“Tadi sebelum balik di absen ulang masih aman semua,” terangnya.

Untuk langkah selanjutnya, Ahmad mengungkapkan, jika tuntutannya tidak terpenuhi, pihaknya akan kembali merencanakan aksi sendiri.

“Untuk selanjutnya kita akan mengkaji ulang lagi untuk melakukan aksi sendiri ketika BBM tidak segera diturunkan,” tutupnya.

Sebelumnya, PB PMII menegaskan penolakannya terhadap kenaikan harga BBM yang diumumkan oleh pemerintah Indonesia pada Sabtu, 3 September 2022. Di mana harga Pertalite naik dari Rp7.650 menjadi Rp10.000 per liter.

Adapun harga solar subsidi naik dari Rp5.150 menjadi Rp 6.800 per liter. Pertamax juga ikut naik, dari Rp12.500 menjadi Rp14.500 per liter.

PB PMII memberikan instruksi pada 31 Agustus kepada seluruh kader PMII di Indonesia. Ketua Umum PB PMII Abdullah Syukri mengatakan, isi dari instruksi tersebut yaitu ajakan untuk melakukan demo menolak kenaikan harga BBM.

“PB PMII telah mengeluarkan instruksi sejak 31 Agustus lalu kepada segenap PKC PMII, PC PMII, anggota dan kader PMII se-Indonesia agar melakukan aksi menolak kenaikan harga BBM,” kata Abdullah, Minggu.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini.

(fsy)

BBM

Demo Mahasiswa

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia

PMII Cabang Ciputat

September Bergerak