logo jurnalistika

PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang Hingga 4 Agustus

Oleh

Firman Sy

pada

26 Jul 2021, 07:59 WIB

PPKM Level 4 Resmi Diperpanjang Hingga 4 Agustus

Jurnalistika.id Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 sampai dengan 2 Agustus 2021 dari Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Minggu (25/7/21).

“Saya memutuskan untuk melanjutkan penerapan PPKM level 4 dari tanggal 26 Juli sampai dengan 2 Agustus 2021,” kata Presiden.

Dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan pernyataan resmi terkait perkembangan terkini PPKMĀ Level 4

Menurut Jokowi, sudah ada tren perbaikan dari sisi laju penambahan kasus, BOR, hingga positivity rate. namun, semua pihak harus tetap berhati-hati menyikapi tren perbaikan tersebut.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan melakukan beberapa penyesuaian terkait aktivitas dan mobilitas masyarakat secara bertahap dengan pelaksanaan yang ekstra hati-hati. Salah satunya berkaitan dengan pasar rakyat.

“Pasar rakyat yang menjual sembako sehari-hari diperbolehkan untuk buka seperti biasa, dengan protokol kesehatan yang ketat,” ujar Jokowi.

“Dan pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari, bisa buka kapasitas maksimum 50% sampai dengan pukul 15.00,” imbuhnya.

Lebih lanjut Presiden mengatakan sejumlah penyesuaian di masa PPKM sebagai berikut:

  • Pasar rakyat yang menjual kebutuhan sehari-hari boleh buka seperti biasa dengan protokol kesehatan yang ketat
  • Pasar rakyat yang menjual selain kebutuhan pokok sehari-hari bisa buka dengan kapasitas maksimum 50 persen sampai dengan pukul 15.00 di mana pengaturan lebih lanjut di lakukan oleh pemda
  • Pedagang kaki lima, toko kelontong, agen, dan usaha kecil lain yang sejenis di izinkan buka dengan prokes ketat sampai dengan pukul 21.00 yang pengaturan teknisnya oleh pemda.
  • Warung makan, pedagang kaki lima, lapak jajan dan sejenisnya yang memiliki tempat usaha di ruang terbuka di izinkan buka dengan prokes ketat sampai pukul 20.00 dan maksimal waktu makan 20 menit.

Berita Terkait

Gangguan Jaringan Internet Telkomsel dan Indihome, Ini Penyebabnya

News

sehari yang lalu

Gangguan Jaringan Internet Telkomsel dan Indihome, Ini Penyebabnya

Ga Izin, Indro Kritik 3 Orang Peniru Warkop

Entertainment

18 September 2021

Ga Izin, Indro Kritik 3 Orang Peniru Warkop