Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Polri Selidiki Pengedit Foto Stupa Mirip Jokowi yang Disebar Roy Suryo

  • Firmansyah

    15 Jun 2022, 04:08 WIB

    Bagikan:

image

Tangkapan layar unggahan dan cuitan Roy Suryo soal stupa Borobudur yang diedit jadi mirip wajah Presiden Jokowi (Dok: Twitter)

jurnalistika.id – Polri menyatakan tengah menyelidiki sebuah foto hasil editan viral yang memperlihatkan stupa Candi Borobudur mirip wajah Presiden Jokowi.

Foto itu sempat dibagikan oleh eks Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Roy Suryo di Twitternya hingga menjadi viral. Roy mengaku foto stupa mirip Jokowi itu ia dapatkan dari warganet lain dan ia hanya mengunggah ulang.

Dalam keterangan foto, Roy membuat narasi yang menyinggung rencana pemerintah tentang kenaikan tarif masuk Candi Bodobudur.

Ketika mengunggah ulang, Roy mengatakan turut melengkapi identitas akun asli pengunggah awal foto tersebut. Ia mengatakan hanya mengambil dari unggahan yang telah ada sebelumnya.

“Saya juga simpan semua URL pengunggah pertamanya, kok, masa begitu enggak paham UU ITE,” kata Roy.

Namun, kini Roy Suryo telah menghapus unggahan foto itu.

“Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap ‘mengedit’ krn ketidakfahamannya, Maka postingan tsb saya drop, case close,” jelas Roy Suryo.

Terkait hal itu, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyatakan bakal mengusut dan menelusuri pelaku pembuat meme tersebut.

“Sedang didalami dan profilling oleh Siber,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada wartawan, Selasa (14/6).

Ia pun meminta agar masyarakat dapat bijaksana dalam menggunakan media sosial sehingga tak menimbulkan kebencian ataupun hal-hal negatif lain.

Dedi mengatakan polisi meminta setiap masyarakat agar saling menghormati hak-hak orang lain dan menjaga toleransi serta persatuan di Indonesia lewat setiap unggahannya.

“Karena jejak digital bisa dijadikan bukti dalam proses hukum sebagaimana diatur dalam UU ITE,” tandas Dedi.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google Newsklik di sini.

(fsy)

Presiden Jokowi

roy suryo

stupa mirip jokowi

Viral