Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Polisi Beberkan Penyebab Ricuh di GBLA Hingga Dua Bobotoh Meninggal

  • Firmansyah

    18 Jun 2022, 17:18 WIB

    Bagikan:

image

Suporter Persib Bandung memberi dukungan saat pertandingan Persib Bandung melawan Bali United FC pada Group C Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/6/2022). Foto: M Agung Rajasa/ANTARA FOTO

jurnalistika.id – Polisi menjelaskan penyebab dua suporter klub sepak bola Persib Bandung atau Bobotoh yang meninggal. Mereka meninggal pada lanjutan laga Piala Presiden 2022 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (17/6/2022).

Keduanya adalah Sopiana Yusup asal Bogor dan Ahmad Solihin asal Cibaduyut.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan bahwa korban berada di antara impitan penonton yang memaksa masuk ke dalam stadion.

Ketika itu, marak penonton yang tak memiliki tiket berdesakkan memaksa masuk ke stadion. Sehingga, kata Ibrahim, penyebab Bobotoh meninggal dunia diduga karena kehabisan oksigen.

“Sementara, gambaran umum bahwa kondisi penonton yang tidak mempunyai tiket memaksakan untuk masuk dan menjebol pintu saat bergerombol dan berdesakan tersebut,” kata Ibrahim, Sabtu (18/6).

Meskipun dua korban Bobotoh itu sempat ditarik keluar dari kerumunan dan dilarikan ke rumah sakit. Akan tetapi, nyawa dari korban tak tertolong.

“[Dua Bobotoh itu] keluar kerumunan dalam keadaan lemas, setelah dilihat oleh petugas kemudian diberikan pertolongan medis dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Sartika Asih,” ucap Ibrahim.

“Namun setelah di rumah sakit, yang bersangkutan meninggal dunia,” lanjut dia.

Berdasarkan informasi, kericuhan sempat terjadi jelang laga antara Persib dan Persebaya ketika ribuan suporter dari dua tim memaksa masuk ke dalam stadion GBLA, Bandung.

Adapun, laga itu berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan ‘Persib Bandung’.

Persib juga telah merilis pernyataan resmi terkait hal ini melalui laman resminya. Mereka menyatakan duka cita.

“Terkait meninggalnya dua orang Bobotoh pada pertandingan Persib vs Persebaya Surabaya pada lanjutan Piala Presiden 2022, Jumat, 17 Juni 2022. Tentunya kami sangat menyayangkan hal tersebut dapat terjadi,” tulis ofisial Persib di situs web resmi.

“Kami tentunya berbelasungkawa dan turut berduka cita yang mendalam atas meninggalnya dua orang Bobotoh tersebut. Saat ini kami terus berkoordinasi secara intens dengan pihak yang berwajib, agar permasalahan ini dapat terselesaikan dengan baik,” tandas mereka.

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

(fsy)

bobotoh meninggal

bobotoh persib

Persib Bandung

Piala Presiden 2022