Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

PKM Mahasiswa Unpam Manfaatkan Botol Plastik Jadi Celengan Unik

  • Firmansyah

    30 Okt 2021, 08:12 WIB

    Bagikan:

image

PMKM mahasiswa Unpam di Ashaabul Ardhi Sahabat Bumi, Serpong, Kota Tangerang Selatan

Jurnalistika.id – Sejumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang (Unpam) program studi (prodi) Akuntansi melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Dalam kegiatan tersebut mahasiswa mengajarkan siswa pondok membuat botol plastik menjadi celengan yang unik.

Yayasan Ashaabul Ardhi Sahabat Bumi, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menjadi lokasi mahasiswa Unpam melaksanakan kegiatan PKM-nya untuk mengurangi sampah botol plastik di lingkungan.

Selain dapat mengurangi limbah plastik yang sulit terurai, kegiatan tersebut juga dapat melatih individu untuk kreatif memanfaatkan limbah yang mudah didapat dari lingkungan sekitar.

Kemudian, karena hasil produk daur ulang plastik tersebut menjadi celengan, siswa pondok juga dapat menjadikan celengannya sebagai tempat untuk menabung, bahkan bisa untuk dijual.

Mahasiswa yang tergabung dalam kelompok PKM tersebut di antaranya; Lia Ariyanti, Dini Rizki, Naili Zamrotul Afifah dan Sri Tanti Agustin. Kegiatan mereka mendapat respon positif dari Ketua serta Pendiri Yayasan Ashaabul Ardhi Sahabat Bumi yaitu Ibu Nursaadah, S.Sos.,

“Fokus kami mengadakan kegiatan ini untuk mengasah kreativitas, membentuk karakter, meningkatkan produktivitas, melatih emosional, mengasah kecerdasan pada anak, dan meningkatkan kepedulian anak terhadap lingkungan sekitar,” kata Lia Ariyanti, koordinator kelompok dalam rilisnya, Sabtu (30/10/21).

“Kegiatan ini semoga bisa berdampak positif untuk anak sejak dini serta menjadi kegiatan guna mengisi waktu luang di masa pandemi seperti saat ini,” lanjut rilis tersebut.

Lia menjelaskan, Siswa pondok yang mengikuti kegiatan keterampilan dari bahan limbah botol plastik menjadi celengan unik dapat memanfaatkan celengan yang telah dibuatnya sebagai media untuk menabung.

“Setelah melakukan kegiatan ini diharapakan anak-anak memahami bahwa menabung sangatlah penting, dan perilaku hidup hemat harus menjadi kebiasaan yang wajib dilakukan sejak dini,” tandasnya.

Di akhir kegiatan, Sebagai bentuk apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Yayasan Ashaabul Ardhi Sahabat Bumi, kelompok mahasiswa Unpam PMKM yang diwakili oleh ibu Putri Nurmala S.E., M.Si tersebut memberikan sebuah piagam kepada ketua serta pendiri yayasan Ibu Nursaadah, S.Sos.,

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari jurnalistika di Google Newsklik di sini.

(fsy)

PKM Mahasiswa Unpam