Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Harapkan Komunitas Cakap Digital, PMII Ciputat Gelar Community Digital Movement

  • Firmansyah

    24 Jul 2022, 02:51 WIB

    Bagikan:

image

Ahmadi menyampaikan materi di Community Digital Movement PMII Ciputat. (Foto: Istimewa)

jurnalistika.id – Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Ciputat melaksanakan kegiatan ‘Community Digital Movement’ bertajuk “Literasi Digital : Dari Tulisan Merajut Kebhinekaan” pada Sabtu (24/7/2022). Kegiatan tersebut adalah ikhtiar agar pemuda penerus bangsa semakin cakap digital dan mampu memaksimalkan potensi dunia digital untuk pengembangan bakatnya.

Ahmadi salah satu pemateri dalam Community Digital Movement menyampaikan bahwa potensi digital hari ini sangat luar biasa. Selain itu, menurutnya, potensi tersebut juga terbuka bagi siapapun yang mampu memaksimalkannya.

“Hari ini siapapun bisa berkreasi tanpa harus membuat Production House (PH). Banyak contohnya seperti fenomena ” Bonge” dan “Jeje” yang mampu berkreasi dengan cara sederhana tapi viral,” ujar Ahmadi.

Menurutnya, hal tersebut bisa terjadi karena adanya konsistensi dalam membuat sesuatu dan mempunyai branding yang kuat.

“Dalam membuat konten branding sangatlah penting untuk menumbuhkan brand awarnes di khalayak ramai,” tambahnya.

Sementara itu, pemateri lainnya, Arfyana Citra Rahayu mengatakan, ketajaman dalam menulis konten atau apapun bentuk kontennya sangatlah penting. Yang tak kalah penting, tambah Arfyana, adalah aspek klarifikasi dan verifikasi yang juga wajib untuk validasi data dalam sebuah karya tulis.

“Dalam menulis kita harus memperhatikan aspek klarifikasi dan verifikasi untuk validasi data agar tulisan kita lebih terpercaya,” paparnya.

 Community Digital Movement
Arfyana Citra Rahayu dan Muhammad Naufal. (foto: istimewa)

Kordinator Community Digital Movement, Muhammad Naufal mengharapkan, dengan adanya kegiatan Literasi Digital seperti ini komunitas Indonesia mampu menyaring sebelum sharing setiap informasi yang disampaikan agar tidak terjadi kegaduhan di khalayak ramai.

“Kita harus mengedepankan saring sebelum sharing, agar tidak jadi kegaduhan akan adanya banjir informasi yang belum tentu validasinya,” tukas Naufal.

Baca juga: PMII Ciputat Kembali Gelar Dapur Bergerak Jilid III di Kampung Pemulung

Dapatkan berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

Community Digital Movement

Literasi digital

PMII Cabang Ciputat