Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Permudah Pelajar Tangerang Miliki KTP, Disdukcapil Kini Hadir di Sekolah

  • Firmansyah

    14 Jun 2022, 09:20 WIB

    Bagikan:

image

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar usai launching Program Disdukcapil Goes to School di SMAN 6 Kabupaten Tangerang, Senin, 13 Juni 2022. (Foto: tangerangkab.go.id)

jurnalistika.id – Pelajar di Kabupaten Tangerang yang ingin membuat Kartu Tanda Penduduk (KTP) kini tak perlu repot lagi mendatangi Kantor Desa atau Kecamatan. Pasalnya, pelayanan administrasi kependudukan saat ini sudah hadir di sekolah melalui program Disdukcapil Goes To School.

Bagi pelajar yang usianya sudah memenuhi syarat memiliki KTP. Kini bisa melakukan perekaman dan mengisi data untuk kebutuhan E-KTP di sekolah.

Program Disdukcapil Goes To School sudah dirilis oleh Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar di SMAN 6 Kabupaten Tangerang, pada Senin (13/6/2022).

Bupati Zaki mengatakan, program Disdukcapil Goes To School merupakan upaya Pemkab Tangerang untuk hadir lebih dekat melayani masyarakat dalam pelayananan administrasi kependudukan.

“Ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayan publik kita sebagai abdi masyarakat dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan,” kata Zaki dalam sambutannya, Senin.

Menurutnya, peningkatan kualitas pelayanan administrasi kependudukan merupakan awal dari keberhasilan proses pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di berbagai sektor.

Selain itu, ia menjelaskan, sebagai daerah urban dengan jumlah populasi mencapai 4 juta Jiwa. Kabupaten Tangerang mempunyai tantangan dalam memenuhi kebutuhan administrasi kependudukan.

“Upaya pemenuhan kebutuhan administrasi kependudukan tentu menjadi tugas penting dan tantangan yang harus segera kami selesaikan,” terang Zaki.

Untuk itu, kata Zaki, tertib dokumen kependudukan dan tertib pengelolaan data identitas penduduk itu pada akhirnya untuk memberikan perlindungan, pengakuan, penentuan status pribadi dan status hukum bagi warga masyarakat Tangerang.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil kabupaten Tangerang, CR Inton mengatakan, Disdukcapil Goes Tos School merupakan upaya pendekatan pelayanan administrasi kependudukan kepada pelajar.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pendekatan pelayanan masyarakat terutama kepada siswa SMA dan SMK serta MAN. Baik negeri maupun swasta,” kata CR Inton.

Ia pun mengapresiasi seluruh elemen yang mendukung program Goes To School tersebut. Menurutnya, program Disdukcapil Goes To School ini merupakan terobosan baru untuk mengupdate data penduduk. Selain itu, juga sebagai upaya agar target nasional bisa tercapai.

“Karena dengan data administrasi kependudukan yang tertib, update dan juga valid. Ini bisa sangat membantu kita semua dalam menggulirkan berbagai kebijakan ataupun inovasi program pemerintah kepada masyarakat Kabupaten Tangerang,” pungkasnya.

Baca berita lainnya dari jurnalistika.id di Google Newsklik di sini.

(fsy)

ahmed zaki iskandar

Berita Tangerang

Disdukcapil

disdukcapil Tangerang

E-KTP