logo jurnalistika

Perkuat Keamanan Siber, Walikota Tangsel Launching CSIRT

  • Firman Sy

    23 Nov 2021, 05:32 WIB

    Bagikan:

Foto: Walikota Tangsel Benyamin Davnie meresmikan tim CSIRT di gedung Pemkot Tangsel, Senin (22/11)

Jurnalistika.id – Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie melaunching tim CSIRT atau Computer Security Insident, Response Team untuk meningkatkan keamanan Siber dalam lingkungan Pemerintah Kota, Senin (22/11) di Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangsel.

Walikota menyampaikan, tim ini bertanggung jawab untuk melakukan pengamanan terhadap data-data yang bersifat digital. Misalnya data keuangan, pembangunan dan data pegawai Pemkot Tangsel.

”Tangsel memiliki bank data yang sangat besar dan semuanya penting, karena itu kami membutuhkan tim yang fokus terhadap pengamanan data digital, nah melalui CSIRT ini, diketuai oleh Kadis Kominfo Fuad,” kata Benyamin.

Walikota menjelaskan, saat ini keamanan tidak saja dilakukan di lingkungan masyarakat, melainkan juga di dunia digital. Apalagi berkas yang biasanya disimpan dalam bentuk digital keberadaannya lebih penting dari dokumen apapun.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Kominfo Tangsel, Fuad menyepakati hal tersebut. Dia mengungkapkan dalam satu bulan terakhir, situs resmi Pemkot Tangsel mengalami ratusan serangan Siber.

”Bahkan pernah dalam satu bulan, percobaan peretasan hingga jutaan kali,” ujar Fuad.

Menyadari hal tersebut, dirinya menegaskan bahwa CSIRT merupakan tim yang sangat dibutuhkan dalam rangka upaya pencegahan peretasan dan meningkatan keamanan siber di lingkungan Pemkot Tangsel.

CSIRT Tangsel ini sendiri merupakan tim yang diresmikan kedua di seluruh Indonesia, dan yang pertama di Provinsi Banten.

Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati berharap, seluruh Pemerintah Kabupaten dan Kota lain bisa melakukan hal yang sama seperti Kota Tangsel.

”Terakhir yang kami ketahui, Kabupaten Tangerang juga sedang melakukan persiapan untuk melaunching hal yang sama. Karena itu, kepada Tangsel kami memberikan apresiasi,” ujarnya.

Apresiasi juga diberikan oleh Direktur Keamanan Cyber pada Badan Cyber dan Sandi Negara Hasto, menjelaskan bahwa dokumen digital sama pentingnya dengan dokumen fisik. Karena itu diperlukan perlindungan khusus yang mana bisa dilakukan oleh CSIRT ini.

Baca Juga:

Benyamin davnie

CSIRT

digital

Kemananan siber

Kota Tangerang Selatan

Tangerang Selatan


Rekomendasi

Topik Pilihan

#

Vannesa Angel

#

Tangsel

#

Benyamin Davnie

#

Jokowi Dodo

#

PT. PITS

Terbaru

dsds

Fakta Menarik Desa Wisata Huta Tinggi: Dekat Danau Toba Identik Dengan Kerbau

Peringati Hari AIDS Sedunia, Ini Yang dilakukan KPA Purwakarta

Menitipkan Masa Depan Melalui Pohon : Investasi Oksigen

Ini Rincian UMK Banten Tahun 2022 yang Ditetapkan Gubernur Wahidin Halim

Pemkot Tangsel Gelar Pengembangan Pelaku Usaha Sektor Pertanian Demi Peningkatan Produksi

Ini Alasan Erick Thohir Gabung Banser

Pemkot Tangsel Gelar Giat Pengembangan Usaha Mikro Bagi Pelaku Usaha

Julham Firdaus Kembali Pimpin Bamus Tangsel, Begini Harapan Walikota