Jurnalistika

Jadi Simbol Persatuan, Pemuda Pondok Aren Akan Bentangkan Bendera Indonesia Terpanjang di Setu Perigi

  • Firmansyah

    11 Agt 2022, 16:21 WIB

    Bagikan:

image

Bendera Merah Putih. (foto: mufid majnun/ unsplash)

jurnalistika.id – Berbagai elemen masyarakat di Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan mengibarkan bendera merah putih terpanjang pada peringatan HUT RI ke-77.

Bendera sepanjang 3,522 meter dengan berat 750 kilogram (Kg) itu akan ditandu mengelililingi Setu Perigi oleh berbagai organisasi masyarakat (ormas) sebagai simbol persatuan.

“Untuk membangkitkan dan menumbuhkan semangat persatuan dan gotong royong masyarakat Pondok Aren khususnya, dan Tangsel umumnya,” kata Rudi Radek, Ketua Bamus Tangsel Pondok Aren dalam keterangannya, Kamis (11/8/2022).

Dalam perjalanannya dari lapangan Kecamatan Pondok Aren menuju Setu Perigi itu, kata Rudi, akan melibatkan 1,577 siswa yang membawa bendera merah putih.

“Kemudian siswa dan siswi SMA se-Tangsel itu akan menancapkan 1.577 tiang bendera sebagai simbol penanaman keteguhan semangat juang pemuda Pondok Aren,” ujarnya.

Rudi memperkirakan, kirab dan karnaval bendera merah putih terpanjang dari Kecamatan Pondok Aren menuju Setu Perigi tersebut akan melibatkan 7.000 partisipan.

“Seluruh staf dari 11 kelurahan se-Pondo Aren juga akan memakai baju adat masing-masing daerah sebagai simbol keragaman. Karnaval ini juga akan membawa 3 pilar muspika Pondok Aren sebagai simbol pemimpin perjuangan,” tambah Rudi.

Lebih lanjut, menurutnya, misi yang ingin dicapai dengan membawa bendera merah putih terpanjang itu untuk menyatukan seluruh elemen masyarakat.

“Untuk mencapai satu tujuan yang bermanfaat bagi lingkungannya masing-masing. Sebagaimana makna kemerdekaan yang dititipkan oleh para pejuang dan pendahulu kita,” paparnya.

“Dan kecamatan Pondok Aren sebagai projects pilot bahwa seluruh elemen masyarakat bisa bersatu ketika pemimpin dan masyarakatnya kompak,” pungkas Rudi.

(fsy)

Dapatkan berita terbaru hari ini langsung ke ponsel, ikuti jurnalistika.id di grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”, klik link berikut, kemudian join.

HUT RI

HUT RI ke-77

Warga Tangsel