Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

Patuhi Prokes! Empat Warga Tangsel Sudah Terkonfirmasi Positif Omicron

  • Firman Sy

    11 Jan 2022, 23:50 WIB

    Bagikan:

<p>Ilustrasi Covid 19 varian Omicron (c) Shutterstock</p>

Ilustrasi Covid 19 varian Omicron (c) Shutterstock

jurnalistika.id – Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencatat empat warga Tangsel terkonfirmasi positif Covid 19 varian Omicron.

Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Alin Hendarlin mengatakan, satu orang yang terkonfirmasi adalah perempuan berusia 34 tahun usai melakukan perjalanan dari Amerika Serikat.

omicron tangsel
dr Alin Hendarlin, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel. Foto : (jurnalistika/firman)

“Kasus covid-19 varian Omicron di kota Tangsel, sebanyak 4 kasus positif Omicron. 1 kasus berasal dari perjalanan luar negri dan tranmisi lokal,” kata Alin, Selasa (11/1/22).

Perempuan itu terbang ke AS pada 3 Desember 2021 dan kembali ke Indonesia pada 22 Desember 2021.

“Selama 11 jam hanya di lingkungan Bandara Dubai dan tiba di Soekarno Hatta tanggal 22 dengan hasil Swab PCR negatif,” jelas Alin,” jelasnya.

“Namun, saat tes kembali dalam masa karantina, ia terkonfirmasi positif Covid-19,” imbuh Alin.

Sementara tiga lainnya tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar negeri. Alin memastikan ketiganya positif Omicron karena transmisi lokal.

Dua di antaranya, merupakan pasangan suami istri yang sebelumnya memiliki kontak erat dengan pasien positif dari rekan kerja. diketahui positif Omicron usai keluarga melakukan test PCR.
 
Kasus selanjutnya adalah pria berusia 60 tahun yang juga tidak memiliki riwayat ke luar negeri.

“Awalnya pasien mengeluh meriang, kemudian pada tanggal 30 Desember 2021 pasien di tes RDT antigen hasil positif. Kemudian pada tanggal 4 Januari 2022 di-swab di RS Pelni Jakarta Pusat,” terangnya,” tuturnya.

Dengan adanya temuan Omicron di Tangsel, Alin mengatakan, Dinas Kesehatan terus melakukan tracking mengingat yang bersangkutan banyak melakukan aktivitas.

“Artinya kita harus melihat 14 hari sebelum pasien positif untuk menemukan siapa saja kontak erat dengan pasien, seperti di lingkungan tempat kerja,” ujarnya.

Baca juga: Sudah Masuk RI: Ini Gejala dan Cara Mendeteksi Virus Omicron

Covid-19

omicron

tangsel


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022