Jurnalistika

Makam Syekh Buyut Jenggot Proses Jadi Cagar Budaya, Kapolres Tangerang: Jaga Kondusifitas

  • Firmansyah

    10 Agt 2022, 12:57 WIB

    Bagikan:

image

Kapolres Tangerang saat berziarah ke makam Syekh Buyut Jenggot, Cibodas. (Foto: Istimewa)

jurnalistika.id – Makam Keramat Syekh Buyut Jenggot kini dalam tahap proses penelitian untuk dijadikan sebagai Cagar Budaya Kota Tangerang. Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengimbau agar semua pihak turut serta menjaga kondusifitas.

Makam Keramat Syekh Buyut Jenggot merupakan peristirahatan Tubagus Rajasuta bin Sultan Ageng Tirtayasa. Areal pemakaman itu berada di Kampung Sukasari, Panunggangan Barat, Cibodas, Kota Tangerang.

Zain mengatakan, semua pihak harus terus berkoordinasi untuk cipta kondisi agar proses penelitian makam Ki Buyut Jenggot sebagai Cagar Budaya Kota Tangerang berjalan kondusif.

“Saya sudah koordinasi dengan unsur Forkompinda (Forum Komuniksi Pimpinan Daerah,red) Kota Tangerang terkait dengan proses yang tengah berjalan di Makam Syekh Buyut Jenggot,” kata Kapolres.

Menurut Zein, upaya pemerintah yang sudah menetapkan bahwa areal Makam adalah Obyek Diduga Cagar Budaya (ODCB) harus mendapat dukungan dari semua pihak.

“Mari kita kawal prosesnya sama-sama. Proses menjadikan lokasi ini sebagai Cagar budaya harus berjalan kondusif,” tegas Kapolres.

Salah satu anggota Tim 9 Makam Kramat Syekh Buyut Jenggot, Saipul Basri yang turut mendampingi kunjungan ke lokasi mengatakan, pihaknya mengapresiasi respon cepat kepolisian. Dia berharap, aparat kepolisian turut mendukung upaya masyarakat atas proses Cagar Budaya tersebut.

“Kapolres datang langsung ke lokasi untuk memastikan kondusifitas di lokasi. Prinsipnya kami menyambut baik niat Kapolres yang mau mengawal proses yang tengah kami lakukan,” kata Saipul.

Pria yang akrab disapa Marsel ini juga mengutarakan, Tim 9 selama ini menjalankan amanat masyarakat yang diberikan secara transparan, administratif, dan sesuai dengan aturan yang ada. Bahkan, masyarakat juga bisa secara kondusif membantu mereka.

“Arahan Kapolres soal kondusifitas kami sepakat. Kami juga memegang prinsip itu. Kami bahkan sangat terharu dengan tindakan cepat pemerintah, dewan, sampai aparat kemananan dan kepolisian. Semoga Cagar Budaya yang kami perjuangkan berujung maslahat bagi masyarakat dan orang banyak,” tutup Marsel.

Sebelumnya, pada Senin (8/8/2022), seluruh perwakilan Fraksi DPRD Kota Tangerang yang tergabung di Komisi 2, Pemerintah, Lurah, juga melakukan kunjungan resmi ke Makam Keramat Syekh Buyut Jenggot.

Baik Dewan maupun Pemerintah sama sama sepakat mengawal proses Makam Syekh Buyut Jenggota atau Tubagus Rajasuta bin Sultan Ageng Tirtayasa menjadi Cagar Budaya di Kota Tangerang.

(fsy)

Dapatkan berita terbaru hari ini langsung ke ponsel, ikuti jurnalistika.id di grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”, klik link berikut, kemudian join.

Cagar budaya Tangerang

Ki Buyut Jenggot

Kota tangerang

Makam Syekh Buyut Jenggot