Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Mahasiswa Unpam Sosialisasi Tentang Perlindungan Konsumen

  • Firmansyah

    10 Apr 2022, 10:55 WIB

    Bagikan:

image

Kelompok mahasiswa Unpam yang sosialisasi di SMP Perguruan Buddhi

jurnalistika.id – Di samping menawarkan banyak peluang ekonomi, meningkatnya penggunaan teknologi dalam transaksi barang dan jasa juga berpotensi merugikan konsumen.

Kondisi tersebut tentunya menimbulkan pemahaman akan perlunya perlindungan konsumen sebagai pihak yang menjadi korban ‘kenakalan’ pelaku usaha.

Untuk itu, sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Pamulang (Unpam) menggelar sosialisasi Perlindungan Konsumen kepada Siswa SMP Perguruan Buddhi, Jl. Imam Bonjol No. 41, Kec. Karawaci, Kota Tangerang, Kamis, 7 April 2022.

Ketua pelaksana kegiatan, Eliezer Partia mengatakan, kegiatan sosialisasi dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) itu bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang regulasi mengenai hukum dalam jual beli.

“Khususnya yang diatur di dalam Undang-undang No. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen,” kata Elizier, dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Elizier, meskipun Indonesia telah memiliki payung hukum soal perlindungan konsumen, tetapi pada pelaksanaannya konsumen kurang peduli dengan hak-haknya tersebut.

Hal tersebut, kata dia, karena mereka tidak mengetahui secara jelas dan pasti hak-hak tersebut sudah dijami oleh Undang-undang.

“Maka di sinilah seringkali pelaku usaha mengabaikan hak konsumen dalam melakukan transaksi jual beli,” terangnya.

Selain itu, ia menambahkan, sosialisasi tersebut juga bertujuan untuk memberikan gambaran tentang suasana dan aktivitas di dunia kampus.

“Sehingga setelah kegiatan ini, peserta kegiatan memiliki kesiapan memasuki lingkungan kampus,” sahutnya.

Sementara itu, perwakilan siswa SMP Perguruan Buddhi menungkapkan rasa antusias saat mengikuti kegiatan PKM Mahasiswa Unpam tersebut. Ia mengatakan, sosialisasi tentang perlindungan konsumen merupakan pengetahuan baru bagi para siswa di sekolahnya.

“Datangnya kakak kakak melakukan kegiatan sosialisai ke sekolah kami, membuat kami senang. Karena kami mendapat wawasan yang baru. kakak mahasiswa menjelaskan materinya sangat mudah di pahami, dan sangat memotivasi untuk kami tentunya,” ungkapnya.

Baca berita dan informasi lainnya di Google News

(fsy/fsy)

PKM Mahasiswa Unpam

PKM Unpam