Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Mahasiswa Unpam Sosialisasi Perlindungan Anak di Kelurahan Muncul

  • Firmansyah

    14 Mei 2022, 20:06 WIB

    Bagikan:

image

Mahasiswa FH Unpan sosialisai Perlindungan Anak di kelurahan Muncul. Jumat (13/5) Foto: Istimewa)

jurnalistika.id – Sebagai generasi yang memiliki peran penting untuk kemajuan bangsa. Anak membutuhkan pembinaan dan perlindungan yang khusus.

Indonesia sendiri memiliki Undang-undang (UU) Nomor. 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU Nomor. 23 Tahun 2003 tentang Perlindungan Anak. Undang-Undang tersebut membagi peran dan tanggung jawab perlindungan anak kepada keluarga, masyarakat, dan negara.

Selain itu, Indonesia juga memiliki Lembaga khusus untuk meningkatkan efektivitas perlindungan kepada anak yaitu Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Baca juga: Pemerkosaan Anak di Kota Layak Anak, Ini Usul Legislator PSI Tangsel

Kendati demikian, Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Pamulang (Unpam), Marwin Valentina mengatakan, jumlah kasus Anak yang Berhadapan dengan Hukum (ABH) cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

“Pada 2008 terdapat setidaknya 6.500 kasus ABH, dan meningkat pada tahun 2009 menjadi 6.704 kasus. Namun, baru sedikit sekali jumlah ABH yang dapat tertangani secara baik dan sesuai dengan kebijakan perlindungan anak,” kata Marwin dalam keterangannya.

Menurut Marwin, hal tersebut merupakan bukti pemerintah maupun Stakeholders belum benar-benar serius melindungi anak. Pun, tambah dia, peraturan yang ada belum begitu berlaku secara efektif dalam rangka melindungi anak yang terlibat di dalam masalah hukum.

Untuk itu, Ia bersama mahasiswa Hukum Unpam lainnya menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan judul, “Implementasi Perlindungan Hukum Anak Ditinjau Dari Pasal 13 ayat (1) UU Nomor 23 Tahun 2002 “ di Kelurahan Muncul, Tangerang Selatan, Jumat (13/5/2022).

Kegiatan PKM tersebut diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 11 sampai 13 Mei. beranggotakan 5 orang mahasiswa yang dibimbing oleh Dosen Ibu Henlia Peristiwi Rejeki, S.H., M.H., dan dihadiri oleh 30 orang warga dan jajaran dari Kelurahan Muncul.

Baca juga: Mahasiswa FH Unpam Edukasi Masyarakat Soal Bahaya Pinjol Ilegal

Sekretaris Kelurahan Muncul, Muhammad Ali, S.E, mengatakan dengan adanya kegiatan PKM Mahasiswa Hukum Universitas Pamulang, masyarakat mendapat pengetahuan, sadar dan paham akan hukum tentang perlindungan anak.

Ia menambahkan pihaknya sangat mengapreasi dan berterimakasih dengan adanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk pertama kali dilakukan oleh mahasiswa Universitas Pamulang.

“Kami siap menjadi pusat penelitian pengabdian kepada masyarakat (PKM) Mahasiswa dari Civitas Akademisi Universitas Pamulang di Kelurahan Muncul, Tangerang Selatan,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi lainnya di Google News

(mv/fsy)

PKM Mahasiswa

PKM Mahasiswa Unpam