Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Mahasiswa Unpam Sosialisasi Bahaya Seks Bebas di SMKN 13 Jakarta

  • Firmansyah

    01 Jun 2022, 12:50 WIB

    Bagikan:

image

Kelompok mahasiswa Unpam yang melaksanakan PKM.

jurnalistika.id – Sejumlah Mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Pamulang (Unpam) melakukan sosialisasi bertema “Bahaya Seks Bebas di Kalangan Remaja”. Bertempat di SMK Negeri 13 Jakarta, Senin (31/5/2022).

Kegiatan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat itu merupakan implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian) di Universitas Pamulang.

‘’PKM ini merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan untuk melahirkan para pemuda/pemudi terpelajar agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor sesuai dengan kemampuan,” kata Ketua kelompok PKM, Fridolin Totononu, dalam keterangannya.

Menurutnya, ketika berbicara  tentang  remaja memang selalu menarik. Tidak hanya  karena  remaja  merupakan  sosok unik ketika melewati fase  perubahan  fisik, tetapi juga dari perubahan non fisik yang penuh gejolak, potensi dan kedinamisan.

Ia memaparkan, dalam  proses  pencarian  jati  diri itu, remaja membutuhkan kemandirian dalam perilaku seperti berinisiatif. Selain itu, remaja sering merasa mampu mengatasi  hambatan, dan percaya diri melakukan sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain.

“Ada suatu  dorongan yang kuat untuk terlepas dari ketergantungan dengan orang tua, keinginan dihargai sebagai orang dewasa dan mempunyai hak terhadap dirinya dalam mengambil keputusan. Serta bertanggung jawab terhadap setiap perbuatannya.” paparnya.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Ibu Dra. Hj. Maimunah, M.Pd selaku Kepala Sekolah SMK 13 Jakarta. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Perwakilan Dosen Universitas Pamulang.

pkm mahasiswa unpam
foto bersama peserta PKM

Para mahasiswa memberikan edukasi kepada siswa mengenai dampak bahaya seks bebas. Perwakilan siswa SMK Negari 13 Jakarta bernama Yusuf mengatakan. “Kegiatan PKM ini tentunya sangat bermanfaat. Baru sekarang ada mahasiswa yang melakukan PKM di sekolah kami,” tutur Yusuf.

“Saya sebagai perwakilan siswa SMK Negri 13 Jakarta berterimakasih atas kegiatan ini, karena baru pertama kali ada mahasiswa/i yang melakukan kegiatan PKM di SMK Negeri 13 Jakarta. Semoga makin banyak acara PKM ini yang terlaksana di lingkungan sekolah kami,” imbuhnya.

Selain sosialisasi, kegiatan PKM yang dibimbing oleh Rizky Dwi Pradana S.HI, M.Si., dengan anggota Deti Suwarti, Intan Nopita, Suryani Meriantika dan Hafizh Rafi Liansyah itu ditutup dengan permainan edukatif, kemudian lanjut berdoa dan berfoto bersama.

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

PKM Mahasiswa Unpam