Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Mahasiswa Unpam Gelar PKM Bertema Pelecehan Seksual di SMK 13 Jakarta

  • Firmansyah

    01 Jun 2022, 14:31 WIB

    Bagikan:

image

Kelompok PKM Mahasiwa Unpam. dok: istimewa

jurnalistika.id – Sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang (UNPAM) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Perlindungan Hukum Terhadap Korban Pelecehan Seksual” di SMK Negeri 13 Jakarta, Senin (31/05/22).

Ketua kelompok PKM, Rahmalia Puspitasari mengatakan, bahwa sosialisasi mengenai perlindungan hukum terhadap korban pelecehan seksual di kalangan remaja sangat penting.

Menurutnya, selama ini ada stigma di masyarakat yang menganggap bahwa korban ‘menikmati’ pelecehan seksual yang terjadi tersebut.

“Tidak jarang pula aparat ataupun pihak berwajib tidak menanggapi aduan tersebut. Bahkan malah menanggapi aduan korban dengan tidak serius dan menganggap remeh,” kata Rahmalia dalam keterangannya, Selasa.

sosialisasi perlindungan hukum korban pelecehan seksual oleh mahasiswa unpam
Foto kelompok PKM mahasiswa Unpam dengan siswa SMK 13 Jakarta. dok: Istimewa

Dosen pembimbing kegiatan PKM, Rizky Dwi Pradana mengatakan, PKM merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian).

“Yang tujuannya untuk melahirkan para pemuda terpelajar yang memiliki semangat tinggi, pemikiran yang kreatif, mandiri, dan inovatif agar dapat membangun bangsa di berbagai sektor,” papar Rizky.

Selain itu, ia berpesan agar mahasiswa dapat mengamalkan dan menerapkan ilmu yang sudah didapatnya dari Universitas Pamulang. “Demi kemajuan generasi mendatang,” sahutnya.

Adapun mahasiswa Unpam yang tergabung dalam kelompok 1 PKM tersebut antara lain Rahmalia Puspitasari, Agung Hisky Adha Marpaung, Dimas Brayen Alfajri, Mohammad Fikri, dan Dinar Ramadhanti selaku anggota.

Sementara itu, pembimbing siswa yang juga Kepala Sekolah SMK NEGERI 13 Jakarta, Maimunah berucap dalam sambutannya.

“Kami berharap, kegiatan PKM ini dapat membawa dampak positif bagi para siswa dan juga pengalaman baru bagi siswa sekolah. Semoga kedepannya kerjasama antara SMK NEGERI 13 Jakarta dengan Universitas Pamulang dapat terus terjalin,” katanya.

“Bagi para mahasiswa, teruslah berkarya dan mengamalkan kebajikan di mana pun kalian berada. Dan bagi para siswa, kami harapkan agar kelak dapat mengamalkan ilmu yang di dapat dari PKM hari ini,” pungkasnya.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari jurnalistika di Google Newsklik di sini.

(fsy)

PKM Mahasiswa Unpam

Unpam