Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Mahasiswa Unpam Edukasi Siswa Tentang Literasi Digital, Ini Tujuannya

  • Firmansyah

    13 Mei 2022, 22:26 WIB

    Bagikan:

image

Mahasiswa Unpam dan Siswa SMK Annajiyyah, Pondok Aren peserta PKM. (Foto: Siti Aisyah)

jurnalistika.id – Sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Pamulang melakukan sosialisasi literasi digital kepada siswa SMK Annajiyyah, Pondok Aren, Tangerang Selatan.

Kegiatan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) itu digelar pada Kamis, 12 Mei 2022 bertema “Cerdas Memilih dan Memahami Literasi Digital untuk Pelajar SMA”.

Ketua pelaksana kegiatan, Bahrul Ulum mengatakan, PKM merupakan bentuk implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian) di Universitas Pamulang.

Menurutnya, kemajuan teknologi informasi merupakan konsekuensi logis dari arus globalisasi. Saat ini, teknologi tersebut memiliki peran penting dalam memacu pertumbuhan ekonomi dunia.

Ia menjelaskan, terdapat dua hal penting sebagai dampak positif kemajuan teknologi informasi. “Pertama, teknologi informasi mendorong permintaan atas produk-produk teknologi informasi. Kedua adalah memudahkan transaksi bisnis terutama bisnis keuangan disamping bisnis-bisnis lainnya,” kata Bahrul dalam keterangannya, Rabu.

Kendati begitu, kata Bahrul, Teknologi informasi dengan sendirinya juga mengubah perilaku masyarakat. Perkembangan teknologi informasi telah menyebabkan dunia menjadi tanpa batas dan menyebabkan perubahan sosial yang sangat cepat.

“Sehingga dapat dikatakan teknologi informasi saat ini menjadi pedang bermata dua. Karena selain memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahteraan, kemajuan, dan peradaban manusia. Namun juga menjadi sarana efektif perbuatan melawan hukum,” paparnya.

Untuk itu, PKM yang ia lakukan bersama mahasiswa Unpam lainnya itu bertujuan mengedukasi siswa dengan literasi digital untuk mengantisipasi dampak kurang baik dari dunia digital.

“Serta memberikan pemahaman untuk bersama-sama berkontribusi mencegah kejahatan penggunaan media sosial,” tambahnya sebagai penutup.

Selain Bahrul Ulum, mahasiswa Unpam yang melakukan PKM tersebut antara lain, Siti Aisyah, Fauziah Lukman, Yohanes Yohan Parselino Putra, serta Algha Aprilian Putra.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini

(fsy)

Mahasiswa unpam

PKM Unpam