Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Mahasiswa Unpam Ajak Siswa SMK 13 Jakarta Bijak Gunakan Media Sosial

  • Firmansyah

    01 Jun 2022, 06:42 WIB

    Bagikan:

image

Kelompok PKM mahasiswa Unpam beserta dosen pembimbing.

jurnalistika.id – Sebagai bentuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pamulang (Unpam) menggelar sosialisasi bertema pengaruh media sosial (medsos) terhadap sikap remaja, di SMK Negeri 13 Jakarta.

Sosialisasi mahasiswa dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) itu, terdiri dari Fajar Hardianto sebagai Ketua Kegiatan PKM, Nadila Adhani Cahyani, Ayu Lestari, Dewi Ratnasari Zendrato dan Hendrikus Adam Binsasi.

Fajar mengatakan, dalam pelaksanaan PKM yang digelar pada Senin, 31 Mei itu, mahasiswa melakukan pendekatan sosialisasi dengan metode sosialisasi yang aktif.

pkm mahasiswa unpam
foto bersama siswa SMK N 13 Jakarta, peserta PKM

“Di mana siswa dari SMK Negeri 13 Jakarta tidak menjadi audiens pasif. Tapi kita berikan ruang diskusi dan tanya jawab langsung dengan para narasumber,” ujar Fajar dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, sebelum menyampaikan materi, pihaknya memberikan waktu agar siswa menceritakan pengalaman pribadinya dalam menggunakan media sosial, dan bagaimana media sosial mulai mempengaruhi tingkah lakunya.

Menurut Fajar, metode tersebut bertujuan agar siswa berani berbicara. Selain itu juga untuk memancing siswa bersosialisasi secara langsung.

“Metode ini paling tepat untuk siswa agar memberanikan diri berbicara, dan memancing mereka agar lebih senang bersosialisasi secara langsung daripada sosialisasi virtual,” jelasnya.

Lebih lanjut, Fajar mengatakan, muatan materi yang mahasiswa sampaikan merupakan materi yang sangat relevan dengan kondisi di lingkungan sekitar dan sering terjadi.

“Dengan adanya sosialisasi ini harapan terbesar kami semoga adik-adik SMK Negeri 13 Jakarta dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial,” ujar Fajar.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari jurnalistika di Google Newsklik di sini.