Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Mahasiswa Unpam Ajak Santri Kreatif Daur Ulang Botol Plastik

  • Jurnalistika

    29 Okt 2021, 06:49 WIB

    Bagikan:

image

Mahasiswa Unpam Prodi S1 Akuntasi melakukan kegiatan PMKM di Pondokl Al-Falah, Pamulang (28/10/21)

Jurnalistika.id – Mahasiswa Program Studi (Prodi) Akuntansi S1 Universitas Pamulang (Unpam) melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) dengan tema “Membangun Kreativitas Anak Dengan Memanfaatkan Botol Bekas Menjadi Produk Multifungsi Yang Bernilai Ekonomis”.

Kegiatan dilaksanakan di pondok TKA-TPA-TPQ Masjid Al-falah, Pondok Benda, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Minggu (24/10/21).

Mahasiswa yang melakukan kegiatan tersebut, di antaranya: Casmi Cahyati, Aliya, Indah Muflikha, Dan Julianti Eka Mawarni, adapun Dosen pembimbing adalah Dosen Prodi Akuntansi Ibu Maharani., S.E.,M.E.Sy.

Baca Juga: Ambu Anne Apresiasi Disdik Purwakarta Optimalkan Penguatan Pendidikan Karakter

Ketua kelompok PMKM, Casmi Cahyati mengatakan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam hal pengetahuan dan keterampilan.

“kegiatan ini sebagai wujud kepedulian, dan upaya untuk berperan aktif meningkatkan keterampilan dan memberdayakan masyarakat,” kata Caca-sapaan Casmi Cahyati, Senin (25/10/21).

Selain itu, Pengabdian mahasiswa kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri Dharma perguruan tinggi.

“Dalam hal ini, kami selaku mahasiswi Universitas Pamulang ingin memberikan pengetahuan tentang peningkatan kreativitas dan pengembangan diri pada adik-adik TPA,” ujarnya.

Caca menilai, jarang sekali masyarakat di lingkungannya tergerak untuk mendaur ulang sampah utamanya sampah botol plastik yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya.

“Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi sampah botol plastik yaitu dengan cara melakukan daur ulang sampah,” jelasnya.

Baca Juga: Inilah Alasan Mahasiswa Unpam Menolak Aksi: Kami Belajar Dari Pengalaman

Di kesempatan yang sama, Aliya menambahkan, Botol plastik bekas yang sebelumnya telah dikumpulkan dapat dikreasikan menjadi celengan, tempat pensil, dan lain-lain yang hasilnya dapat digunakan oleh adik-adik TKA di Masjid Al-Falah.

“Dengan cara ini mereka dapat secara tidak langsung menghargai barang-barang bekas yang bisa dimanfaatkan kembali sekaligus mengurangi sampah,” kata Aliya.

“Melalui kegiatan ini, Kami mahasiswa/i ingin memberikan pemahaman tentang pentingnya manfaat dari barang-barang bekas atau sampah,” imbuh Aliya.

Pada akhir kegiatan, kelompok mahasiswa dari Unpam tersebut memberikan kenang-kenangan sebagai bentuk apresiasi atas kreativitas adik-adik santri dan secara simbolis menyerahkan kenang-kenangan kepada Pembina Masjid al-falah karena telah melaksanakan PMKM.

*Penulis: Aliya (Mahasiswi Prodi S1 Akuntansi Unpam)

PKM Mahasiswa Unpam