Jurnalistika

Banyak Kabar Hoax, Mahasiswa TI Unpam Sosialisasi Penggunaan Internet Bijak

  • Firmansyah

    08 Jun 2022, 09:26 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Kelompok PKM Mahasiswa TI Unpam berfoto bersama peserta sosialisasi.

jurnalistika.id – Sejumlah Mahasiswa program studi Teknik Informatika (TI) Universitas Pamulang (Unpam) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan itu berlangsung di Majelis Taklim Al-Hijrah, Jl. Raya Keadilan RT. 04 RW. 09, Kel. Rangkapan Jaya Baru, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok.

Lokasi majelis yang padat penduduk dan dengan akses internet yang mudah, memudahkan para mahasiswa dalam menyampaikan informasi kepada ibu-ibu majelis.

Kegiatan PKM yang dilakukan pada tanggal 07 Juni 2022 itu mengusung tema “Mencegah Penyebaran Berita Hoax Serta Penggunaan Internet dengan baik dan Bijak”.

Nurul Anwar selaku dosen Pembimbing menerangkan, tujuan dari PKM adalah untuk memenuhi salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi (Pengabdian, Pendidikan, Penelitian) di Universitas Pamulang.

“Sebagai bentuk aspirasi dan pelayanan kepada masyarakat untuk menyumbang kontribusi kepada pengembangan ilmu serta penerapan keilmuan di tengah masyarakat,” terangnya.

Selain itu, ia menambahkan, melalui kegiatan PKM itu, mahasiswa dapat meningkatkan mutunya sebagai peserta didik dari Perguruan Tinggi.

“Dalam pelaksanaannya, mahasiswa melakukan interaksi secara langsung dengan masyarakat dan membantu mereka dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan apapun,” katanya.

penyampain materi PKM oleh Mahasiswa TI Unpam.

Sementara itu, Ketua PKM, Muhammad Fajri mengatakan, maraknya informasi Hoax menjadi dasar kelompok PKM-nya mensosialisakan cara memilah informasi dengan benar. Hal itu, jelas dia, agar masyarakat dapat terhindar dari informasi yang menyesatkan.

Fajri menjelaskan, dalam kegiatannya itu ia menggunakan metode berupa penyampaian informasi kepada ibu ibu Majelis Taklim Al-Hijrah.

“Sosialisasi yang kami sampaikan berjalan dengan baik dengan peserta kurang lebih 20 ibu-ibu Majelis Taklim Al-Hijrah. Kami tim PKM dari program studi Teknik Informatika akhirnya dapat menyelesaikan kegiatan PKM ini dengan lancar,” ujarnya.

Adapun mahasiswa TI Unpam yang melakukan PKM di antaranya: Asninda Sari, Fadlan Kannu Tuwaffa, Fidel Fadhlurrahman, Ibadi Muchlis, Muhammad Baihaqi Hasan, Muhammad Fajri, Sandi Tamalia Herman, Van Rafafy Simorangkir, Wira Adi Dapa, Yasminia Ningrum.

Ikuti berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini