Jurnalistika

Breaking News: Mahasiswa Jebol Gerbang DPRD Tangsel Saat Demo Tolak Kenaikan BBM

  • Firmansyah

    29 Agt 2022, 16:10 WIB

    Bagikan:

image

Massa mahasiswa mendorong gerbang DPRD Kota Tangsel saat demo kenaikan BBM. (jurnalistika/firman)

jurnalistika.id – Mahasiswa berhasil masuk ke area gedung DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) saat demo menolak wacana kenaikan BBM. Mereka kemudian berorasi di panggung aspirasi, Senin (29/8/2022).

Pantauan jurnalistika.id, di panggung tersebut hadir Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rasyid serta Anggota Komisi IX Julham Firdaus.

Ketua DPRD Tangsel Abdul Rasyid dan Julham Firdaus di atas panggung apirasi bersama mahasiswa yang menolak kenaikan BBM. (firman/jurnalistika)
Ketua DPRD Tangsel Abdul Rasyid dan Julham Firdaus di atas panggung apirasi bersama mahasiswa yang menolak kenaikan BBM. (firman/jurnalistika)

Sebelum berhasil masuk ke area gedung wakil rakyat itu, sempat ada aksi dorong-dorongan antara mahasiswa dengan aparat. Mahasiswa terlihat mengoyang-goyangkan pagar.

Mereka mendesak agar diizinkan masuk supaya dapat menyampaikan orasi di panggung aspirasi yang memang sudah tersedia di taman.

“Di balik gerbang ini ada panggung aspirasi. Lalu apa gunanya kalau ga bisa kita gunakan untuk menyampaikan orasi di situ,?” seru Agus Syarifudin, Koordinator Aksi.

Massa mahasiswa yang tergabung dari sejumlah organisasi itu menamakan diri sebagai Perlawanan Rakyat Atas Kenaikan Minyak Nasional (Pertamina). Pertamina terdiri dari Kosgoro, Semmi, dan Inspira, semuanya merupakan organisasi mahasiswa di Kota Tangsel.

Tak hanya mahasiswa, dalam aksi demo tolak BBM itu ada juga elemen masyarakat lain yang bergabung di barisan massa aksi, seperti driver ojek online (ojol).

Aksi demonstrasi mahasiswa kembali tenang setelah Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rasyid datang menemui mahasiswa. Legislator yang karib disapa Ocil itu kemudian naik ke mobil komando (mokom) menyatakan sikapnya.

“(Apa yang jadi tuntutan mahasiswa) akan kita bahas bersama-sama. Dan Insyaallah alasan teman-teman kita suara lah untuk mencoba menolak kenaikan BBM,” kata Ocil di mobil komando.

Mahasiswa lantas meminta kepada pimpinan DPRD itu agar bisa masuk dan berorasi di panggung aspirasi di balik pintu gerbang yang dijaga aparat keamanan.

Ketua Inspira Cabang Tangsel, Fitra Nanda mengatakan, kedatangan mahasiswa hari ini, untuk mendesak DPRD Kota Tangsel ikut mendukung penolakan kenaikan harga BBM ke pemerintah pusat.

Selain soal BBM, mahasiswa juga menyoroti soal lain seperti kenaikan harga bahan pokok hingga mafia migas.

Baca juga: Tolak BBM Naik, Mahasiswa Tangsel Ancam Demo Besar

Ikut berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini.

BBM

Demo Mahasiswa

DPRD Kota Tangerang Selatan

Gema Kosgoro

Mahasiswa