Senin, 23 Mei 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

LPMK Basilam Baru Pinta Pemkot, DPRD, dan Perusahaan Selesaikan Permasalahan Banjir Buluhala

  • Fitra Nanda Armesta

    25 Jun 2020, 13:51 WIB

    Bagikan:

image

Lokasi di jembatan Buluhala di liput reporter Jurnalistika.i

Jurnalistika.id – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) Basilam Baru menjelaskan terkait masalah satu bulan yang lalu hingga sekarang banjir di salah satu daerah Kelurahan Basilam Baru belum kunjung surut.

Banjir yang menggenangi rumah dan kebun warga bermula pada Jumat (22/05/2020), genangan air juga merendam beberapa ruas jalan yang menyebabkan rusak nya jalan dan akses transportasi, masyarakat terkendala, serta kegiatan masyarakat untuk mencari penghasilan terhambat pun tidak dapat berjalan dengan baik.

Pemerintah Kota (Pemko) Dumai melalui Dinas PUPR beserta Wakil Ketua DPRD Kota Dumai telah turun meninjau lokasi kejadian, pada hari itu juga Dinas PUPR mendatangkan alat berat berupa Long Arm untuk pencucian Sungai agar aliran air menjadi lancar,” jelas Muhammad Isnainy Ramadhan selaku ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Basilam Baru kepada awak media Jurnalistika.id, Rabu (25/06/2020).

Namun setelah pencucian sungai ini selesai, hampir sebulan hingga sekarang belum juga terlihat tanda-tanda surutnya genangan air.

Jalan di daerah Buluhala yang menyebabkan akses masayarakat terhambat dan terputus

“Masyarakat menduga, air banjir ini merupakan limpahan dari kanal-kanal perusahaan Hutan Tanam Industri (HTI) dari PT. Ruas Utama Jaya dan PT. Suntara Gajapati yang berdampingan dengan kawasan pemukiman dan perkebunan masyarakat namun hal ini tentunya tidak dapat kita nyatakan dan anggap sebagai suatu kebenaran karena belum ada bukti pendukung,” ungkap Muhammad Isnainy Ramadhan.

Sementara itu pihak perusahaan PT. RUJ dan PT. SGP pun sudah mengklarifikasi dalam rapat yang di agendakan oleh Kecamatan Sungai Sembilan, perusahaan tersebut telah membentuk tim peninjau untuk memeriksa aliran air perusahaan ternyata tidak terjadi pelimpahan air dari perusahaan ke pemukiman masyarakat, namun masyarakat pada saat ini sangat kecewa karena tim yang dibentuk perusahaan hanya terdiri dari pihak perusahaan saja, sehingga apa yang terjadi dengan Water Management perusahaan tersebut tidak dapat disaksikan oleh masyarakat.

“Kami Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Basilam Baru tidak menyalahkan pihak manapun dalam hal ini yang kami harapkan bagaimana bisa segera bersama menyelesaikan masalah ini, perusahaan dapat membentuk tim peninjau gabungan dan melibatkan masyarakat, DPRD dapat memfasilitasi pertemuan untuk membahas penangulangan dalam jangka pendek maupun jangka panjang, Dan DPRD kota dumai bersama Dinas PUPR agar dapat mendesak Pemprov untuk mempercepat pembangunan jalan lintas Dumai- Rohil”, pungkas Rama.

Banjir Baluhala

DPRD

Dumai

LPMK basilam

Pemko


Rekomendasi

Seperti Gedung Tak Berpenghuni, Ini Gambaran Ruang Kerja Khusus Pribadi Dewan Tangsel

Seperti Gedung Tak Berpenghuni, Ini Gambaran Ruang Kerja Khusus Pribadi Dewan Tangsel

11 Agt 2020

Populer

187 Calon Jemaah Haji Asal Kota Tangsel Terancam Gagal Berangkat, Ini Sebabnya