Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

LPA Tangsel: Tawuran Remaja Pelajar Kerap Terjadi di Tahun Ajaran Baru

  • Firmansyah

    27 Jul 2022, 17:35 WIB

    Bagikan:

image

Isram Ganda Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Tangsel. (Foto: istimewa)

jurnalistika.id – Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Isram menilai, tawuran antar remaja pelajar di Tangsel berpotensi kembali terulang. Menurutnya, tahun ajaran baru turut mendorong remaja melakukan aktualisasi diri dengan berbagai cara. Salah satunya dengan melakukan aksi kekerasan.

“Kejadian ini (tawuran -Red) tiap tahun pasti ada, mengingat ini adalah tahun ajaran baru. Di mana pada tahun ajaran baru ini anak-anak lagi mencari jati diri agar menonjol di kelompoknya. Maka mereka mencari sensasi, mencari perhatian,” kata Isram kepada wartawan di Serpong, Rabu (27/7/2022).

Sebelumnya, tawuran remaja terjadi di Pamulang, Kota Tangsel pada Minggu (24/7/2022) mengakibatkan satu remaja laki-laki berinisial MIH (18) tewas. Pihak kepolisian mengamankan 3 pelaku terkait kejadian yang merenggut nyawa remaja yang baru lulus dari SMA tersebut.

Menurut Isram, mengingat usia pelaku masih dalam kategori di bawah umur, cara penyelesaian untuk memprosesnya pun harus dengan hati-hati.

“Karena apabila dilakukan dengan cara yang tidak proporsional akan berdampak pada tumbuh kembang anak dan masa depannya. Maka pendekatannya harus sesuai dengan apa yang sudah di atur dalam undang-undang perlindungan anak,” imbuhnya.

Agar kejadian serupa tidak terulang, Ketua LPA Tangsel ini mengajak semua pihak, secara kolektif untuk menekan agar tawuran remaja tidak kembali pecah. Tak hanya tawuran yang pelakunya remaja yang masih dalam kategori anak. Namun, Isram mengajak seluruh stakeholder menjaga nama baik Kota Tangsel sebagai kota layak anak.

“Semua instansi terkait harus terlibat dalam semua permasalahan yang berkaitan dengan anak. Karena PR kita bersama adalah bagaimana caranya menjaga eksistensi Kota Tangerang Selatan tetap menjadi skala kota layak anak. Ini yang harus kita pertahankan,” tutupnya.

Baca juga: Pemkot Tangsel Siapkan Ring Tinju Buat yang Suka Tawuran, Ada yang Berani?

Dapatkan berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

Kota Tangerang Selatan

tawuran

tawuran pelajat