Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

KPAI Soroti Praktik Jual Beli Kursi pada PPDB 2022 di Tangsel dan Depok

  • Firmansyah

    14 Jul 2022, 19:37 WIB

    Bagikan:

image

ilustrasi: PPDB 2022 (Antara Foto)

jurnalistika.id – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menduga ada praktik jual beli kursi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Banten dan Jawa Barat (Jabar) Tahun 2022.

Untuk itu KPAI meminta Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menginvestigasi dugaan tersebut.

“KPAI mendorong Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek bekerja sama dengan Inspektorat Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat untuk melakukan investigasi,” kata Komisioner KPAI bidang Pendidikan, Retno Listyarti, dalam konferensi pers daring, Kamis, 14 Juli 2022.

Retno mengungkapkan pihaknya mendapat informasi dugaan praktik jual beli kursi PPDB itu pada jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Tangerang, Tangerang Selatan, dan Depok.

Menurutnya, jual beli kursi sangat rentan terjadi di jenjang SMA. Hal itu lantaran jumlah SMA lebih sedikit ketimbang SMP yang membuat persaingan masuk SMA menjadi lebih ketat.

Retno mengatakan, keketatan itu berpotensi adanya jual beli kursi dari minimnya daya tampung lulusan SMP ke SMA.

“Jumlah sekolah negeri di jenjang SMA dan SMK memang sangat sedikit dibandingkan dengan jenjang SD dan SMP. Sehingga banyak kecamatan dan Kelurahan di sejumlah daerah, termasuk Provinsi DKI Jakarta, tidak ada SMA/SMK negerinya. Sehingga, potensi praktik jual beli kursi di sejumlah daerah diduga terjadi,” pungkasnya.

Baca juga: FKPPI Tangsel Batal Demo soal Permainan PPDB

Dapatkan berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

kpai

ppdb 2022

ppdb banten 2022

PPDB Jawa Barat