Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Koperasi LBN Lakukan Halalbihalal dan Sosialisasi Pemahaman Pajak

  • Malik Abdul Aziz

    19 Mei 2022, 19:49 WIB

    Bagikan:

image

Benyamin Davnie dalam kegiatan Halalbihalal dan Sosialisasi Pemahaman Pajak kepada anggota Koperasi LBN, Kamis (19/5) Foto: Istimewa

Jurnalistika.id – Koperasi Lengkong Bakti Negeri (LBN) menggelar kegiatan Halalbihalal bersama seluruh anggota koperasi di Aula Blandongan Gedung Pemerintah Kota Tangerang Selatan, Kamis (19/5/2022).

Acara itu mengusung tema “Perkuat Silahturahmi, Bangun Kebersamaan dan Tingkatkan Sinergi Antara Anggota”. Selain itu ada juga sosialisasi pemahaman dan laporan pajak.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie; Asisten Daerah (Asda) II Dandi Priyandana; Kepala Dinas Koperasi dan UKM (DKUKM) Warman Syanudin, dan 70 anggota koperasi.

Baca juga: DKUKM Tangsel Gelar Pameran, Pelaku UMKM Unjuk Produk Unggulan

Walikota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan bahwa anggota koprasi LBN sudah sadar akan laporan pajak. Menurutnya, persoalan pajak merupakan ukuran kredibilitas UMKM.

“Alhamdulillah dengan adanya sosialisasi pajak dari KPP Pratama Pondok Aren, UMKM bisa lebih paham terkait pajak dan menjadi sadar akan pajak,” ungkap Benyamin di Aula Blandongan Pemkot Tangsel, Kamis (19/5).

“Saya juga sangat berterimakasih kepada Koperasi LBN yang sudah menghimpun banyak anggota Koperasi pelaku ekonomi kreatif. Dengan kebersamaan ini semoga kita bisa menatap masa depan Tangsel untuk lebih baik lagi,” imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas DKUKM, Warman Syanudin mengatakan bahwa koperasi sekarang cukup kompak. Sinergi antara pelaku UMKM satu dengan lainnya dan juga terus melakukan pengembangan.

“Alhamdulillah sudah kompak sejauh ini para Koperasi, dan untuk para pelaku UMKM agar bisa selalu sinergis antara satu dan lainnya dalam pengembangan usaha,” ujar Warman.

Ia pun mengapresiasi kegiatan koperasi LBN yang melakukan sosialisasi terkait pemahaman pajak.

“Yang seperti ini harus dilakukan untuk memberikan edukasi dan peningkatan SDM. Apalagi seperti laporan pajak yang harus dilakukan meski pajaknya nihil,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Koperasi LBN, Lista Hurustiati menyampaikan pesan kepada seluruh anggota koperasi untuk sama-sama menyatukan gagasan dan ide untuk kedepannya.

“Berkumpul di sini, kita sama-sama untuk menyatukan gagasan, menyatukan ide, karena ke depan kita ada program rapat pengurus dan mudah-mudahan dalam kegiatan ini kita ada kesatuan, persamaan dan kebersamaan bersama seluruh anggota,” pesan Lista.

Kemudian, Lista berkata, pelatihan pajak tersebut menjadikan para pelaku UMKM binaan koperasi LBN sadar akan melakukan laporan pajak secara rutin.

Baca juga: Kilas Balik Kisah Hidup, Lista Hurustiati Launching Buku Rajutan Asa dan Juang

Sebelumnya, kata Lista, para pelaku UMKM menemukan Kesulitan dalam membuat laporan pajak, karena itu koperasi LBN akan membuat pelatihan terhadap mekanisme pelaporan pajak.

Di sisi lain, Anggota koperasi LBN, Marni selaku suplier Bakso dan Tape Uli mengatakan bahwa materi tersebut cukup jelas, untuk yang tidak mengerti perpajakan

“Cukup jelas, untuk yang tidak mengerti perpajakan, karena ini hampir seratus persen pelaku UMKM,” pungkasnya.

Benyamin Davnie

Dinas Koperasi dan UMKM

Koperasi LBN

Kota Tangerang Selatan

Lista Hurustiati