Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Karang Taruna Parungkuda Gelar Muharram Fest Sambut Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah

  • Firmansyah

    30 Jul 2022, 16:26 WIB

    Bagikan:

image

Karta Muharram Fest Parungkuda. (Foto: Istimewa)

jurnalistika.id – Suka cita umat muslim menyambut pergantian tahun baru Hijriyah tergambar dalam berbagai bentuk perayaan dan tradisi. Di Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Karang Taruna setempat menggelar Katar Muharram Fest 2022 dalam menyambut pergantian tahun 1444 Hijriyah itu.

Pawai obor sekaligus Tabligh Akbar menjadi acara puncak dari berbagai kegiatan yang sebelumnya sudah Karang Taruna Parungkuda lakukan. Yakni lomba dakwah yang diperuntukkan bagi da’i cilik.

Tak hanya itu, dalam momen tersebut, ratusan anak yatim dari 8 Desa se-Kecamatan Parungkuda juga menerima berkah berupa santunan.

Secara simbolis santunan tersebut diberikan langsung oleh Camat Parungkuda Deden Sumpena serta Wakapolsek Parungkuda IPTU Sopian.

Menyerahkan bantuan santunan kepada anak Yatim. (Foto, istimewa)

Kegiatan puncak Katar Muharram Fest ini berlangsung meriah dan terpusat di Lapangan Babakan Pendeuy, Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/7/2022).

Ketua Karang Taruna Parungkuda, Mas Abdul Sarip mengatakan, meskipun rangkaian acara tak sesuai rencana rundown lantaran hujan, antusiasme perwakilan warga dari 8 desa di kecamatan Parungkuda tidak surut mengikuti karnaval obor.

“Alhamdulillah acara bisa terlaksana. Kendati sempat di guyur hujan sehingga acaranya tidak sesuai dengan rundown,” kata Sarip dalam keterangannya, Sabtu (30/7/2022).

Pria yang karib disapa Fisal ini menjelaskan, Katar Muharram Fest ini merupakan kali pertama yang pihaknya lakukan untuk menyambut  pergantian tahun baru Islam.

Katar Muharram Fest 2022 ini, kata Fisal, terlaksana atas partisipasi berbagai elemen masyarakat. Tak hanya dari anggota Karang Taruna yang mencari pendanaan dengan menjual produk minuman. Namun juga support dari berbagai individu dan perusahaan di Kecamatan Parungkuda.

“Ini bukti dari keharmonisan dan kekompakan semua unsur yang terlibat, sehingga acara bisa terlaksana,” ujarnya.

Karena itu, Fisal mengucapkan banyak terima kasih kepada Baznas, KUA, dan MUI Kabupaten Sukabumi. Karena atas bantuan dari berbagai stakeholder itu Karta Muharram Fest dapat terlaksana.

“Tak lupa pula saya sampaikan ucapan terima kasih wabil khusus kepada pak Dewan Teddy Setiadi dan Camat Parungkuda Deden Sumpena yang telah mensuport acara Katar Muharam Fest untuk pertama kali ini. Berkat dukungan beliau acara terlaksana dengan sukses,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Parungkuda Deden Sumpena mengapresiasi jajaran Karang Taruna yang sudah menggelar acara Katar Muharam Fest pertama kali ini.

“Semoga Katar Muharam Fest Parungkuda untuk menyambut tahun baru Islam ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya,” kata Deden.

Deden berharap, di pergantian malam tahun baru Islam ini, Kecamatan Parungkuda kedepannya bisa lebih baik.

Baca juga: Mas Abdul Sarif Resmi Pimpin Karang Taruna Parungkuda 2022-2026

Ikuti berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini

karang taruna parungkuda

Karang Taruna Sukabumi

Sukabumi