Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Rombak Kabinet: Jokowi Lantik Zulhas Mendag, Hadi Menteri ATR

  • Firmansyah

    15 Jun 2022, 13:18 WIB

    Bagikan:

image

Presiden Jokowi di pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Intern Pemerintah Tahun 2022, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/6/2022). Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden

jurnalistika.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali akan merombak jajaran Kabinet Indonesia Maju. Kali ini Jokowi disebut akan melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) Sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) menggeser posisi M. Luthfi.

Selain itu, Jokowi juga akan melantik Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) yang baru. Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto bakal mengisi pos tersebut. Ia akan menggantikan Sofyan Djalil.

Pelantikan kedua anggota Kabinet baru pembantu Presiden Jokowi tersebut rencananya akan digelar siang ini, Rabu (15/6/2022) pukul 13.30 WIB di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Selain merombak jajaran Menteri, Jokowi juga akan melantik sejumlah Wakil Menteri (Wamen) baru. Salah satunya posisi Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN. Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni akan menggantikan Surya Tjandra.

Selain itu, Wamen PUPR John Wempi bergeser menjadi Wamendagri.

“Beberapa menteri dan wakil menteri ini dilakukan sekarang karena momentumnya paling pas saat ini. Ada 2 menteri 3 wamen. Mudah-mudahan akan memperkuat kabinet yang ada,” kata Seskab, Pramono Anung di Istana Kepresidenan, Rabu (15/6).

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google Newsklik di sini.

Kabinet Indonesia maju

Reshuffle Kabinet

Zulkifli Hasan