Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Inspira Tangsel Teguhkan Komitmen Sebagai Mitra Kritis Pemerintah Kota

  • Firmansyah

    19 Jun 2022, 20:23 WIB

    Bagikan:

image

Pelantikan Pengurus Cabang Insiator Perjuangan Ide Rakyat (INSPIRA) Kota Tangerang Selatan periode 2022-2024. Foto: Istimewa

jurnalistika.id – Pengurus Cabang (PC) Inisiator Perjuangan Ide Rakyat (INSPIRA) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meneguhkan komitmennya untuk menjadi mitra kritis pemerintah. Khususnya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel.

Ketua Umum Inspirasi Kota Tangsel, Fitra Nanda Armesta menjelaskan, tujuannya mendirikan Inspira ini di samping menjadi mitra strategis pemkot juga ingin mewarnai organisasi pemuda yang sebelumnya sudah eksis di Kota Tangsel.

“Kita hadir mewarnai dinamika pemuda dan melakukan terobosan untuk kemajuan Tangsel di segala lini. Bersama organisasi yang sudah ada, saya mengajak kolaborasi untuk sama-sama bergerak dan menjadi mitra kritis atau pun mitra strategis pemerintah,” kata Fitra di Aula DPRD Kota Tangsel, Sabtu (18/6/2022).

Ia menjelaskan, Inspira merupakan organisasi yang sudah terdaftar di Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) sebagai organisasi pemuda.

Untuk itu, kata Fitra, sesuai dengan namanya, Inspira yang kini sudah eksis di 17 Provinsi di Indonesia menjadi wadah untuk menghimpun ide-ide dari masyarakat.

“Jadi selain menggagas ide sendiri, kita juga menampung ide dari masyarakat. Kemudian gagasan dan ide itu kita sampaikan ke pemerintah sebagai wujud mitra kritis,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Umum INSPIRA BADKO Banten, Taufik Rahmat mengapresiasi terbentuknya INSPIRA Cabang Tangsel.

Menurut Taufik, kendati saat ini INSPIRA Banten masih fokus membenahi internal. Ia mengajak Inspira Tangsel untuk sama-sama membangun Banten berbenah menuju yang lebih baik.

“Kita sebagai pemuda inisiator perjuangan rakyat harus bisa membawa pembaharuan demi kebaikan dan kemajuan. Bergerak sesuai dengan wilayah masing-masing, yang ada di kota dan kabupaten se-Banten,” jelasnya.

Sebelumnya, pengurus PC INSPIRA Kota Tangsel resmi dilantik. Pelantikan tersebut dipimpin oleh Rizqi Fathul Hakim, Ketua Umum PB INSPIRA di Aula DPRD Kota Tangsel, Sabtu (18/6).

Dalam sambutannya, Ketua DPRD Kota Tangsel, H. Abdul Rasyid, mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus Inspira Kota Tangsel.

Ia berpesan agar Inspira Tangsel mampu memberikan kontribusi berupa masukan kepada Pemerintah Kota atas dasar pemikiran yang solutif akan isu-isu yang tengah berkembang.

“Anak muda harus kreatif, memiliki pemikiran yang solutif, inovatif dan cakap dengan isu-isu yang ada sehingga pada akhirnya memberikan masukan-masukan baru untuk Pemerintah Kota,” ujarnya, Sabtu.

Mengusung tema “Satu Langkah Kolaborasi, Wujudkan Semua Cita Menuju Indonesia Emas 2045″. Dalam pelantikan itu juga digelar Diskusi Publik dengan narasumber Muhammad Karim, M.Si., Ketua Dewan Pakar PB Inspira, Dr. Thony Saut Situmorang, M.M., Mantan Wakil Ketua KPK, dan Iskandarsyah, Direktur Etos Institute.

Hadir pula dalam kegiatan itu, Sekretaris Jenderal PB INSPIRA Ade Kosasih, Ketua Umum Badko Inspira DKI Jakarta Imam Maksum Amrullah, Kombes Pol Achmad Ibrahim, S.I.K, M.Si., (mewakili Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo), serta Kepala Kesbangpol Kota Tangsel Chairul Saleh.

***

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

(fsy)

Inisiator Perjuangan Ide Rakyat

organisasi pemuda tangsel

PC inspira tangsel