Jurnalistika

Innalilahi, Pimpinan Ponpes Cipasung Abun Bunyamin Wafat

  • Diki Subagja

    19 Nov 2022, 19:04 WIB

    Bagikan:

image

Foto: KH. Abun Bunyamin Ruhiat. (dok: Istimewa)

jurnalistika.id – Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung, KH. Abun Bunyamin Ruhiat wafat pada hari Sabtu, 19 November 2022 pukul 10.12 WIB di Rumah Sakit TMC Tasikmalaya.

Kabar duka itu tak hanya menyelimuti warga Ponpes Cipasung, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya. Tetapi juga seluruh warga Nahdliyyin merasa kehilangan figur kyai yang istiqomah dalam berkhidmah itu.

Sebelumnya, kabar wafatnya Rais Syuriyah PBNU masa khidmah 2022-2027 itu menyebar di berbagai aplikasi perpesanan. Kepada Detikjabar, Haryadi Ahmad, salah satu keluarga di Ponpes Cipasung, membenarkan kabar duka tersebut.

“Iya benar kang, minta doanya untuk bapak. Meninggalnya pukul 10.12 di RS TMC Kota Tasikmalaya,” ujar Haryadi.

Ia juga menjelaskan bahwa jenazah Abun Bunyamin akan dimakamkan hari ini di area pemakaman keluarga yang berada di kompleks Ponpes Cipasung.

Wakil Bupati Kabupaten Tasikmalaya, Cecep Nurul Yakin yang hadir ke rumah duka untuk melaksanakan shalat Jenazah menyampaikan rasa kehilangan sosok Abun Bunyamin.

Salah satu ajudan Wakil Bupati Tasikmalaya kepada jurnalistika.id mengatakan, bahwa Cecep hadir di rumah duka sekitar pukul 12.00 WIB.

“Hari ini kita turut berduka cita atas meninggalnya salah satu tokoh ulama besar di Kabupaten Tasikmalaya,” kata Cecep melalui keterangan dari ajudannya, Sabtu.

Cecep meyakini bahwa almarhum telah menyelesaikan tugasnya sebagai makhluk yang senantiasa beribadah kepada Allah SWT.

“Dan mudah-mudahan semua amal ibadahnya diterima disisi Allah SWT,” kata Cecep.

KH Abun Bunyamin Ruhiat lahir pada tanggal 27 September 1949 dan merupakan anak ke sembilan dari 14 bersaudara dari pasangan KH Ruhiat dan Hj Siti Aisyah. Kedua sosok itu tak lain adalah Pendiri Pondok Pesantren Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya.

Baca berita lainnya di Google News, klik di sini.

Abun Bunyamin

Kabar duka

Ponpes Cipasung

sosok ulama

Tasikmalaya


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami