Jurnalistika

Ini Skenario Disdikbud Tangsel Cegah Penularan Covid-19 di Sekolah

  • Firmansyah

    12 Agt 2022, 13:10 WIB

    Bagikan:

image

Aktivitas belajar di salah satu SMP di Kota Tangsel. (Foto, dok: sekolah kita)

jurnalistika.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) memiliki skenario untuk mencegah penularan Covid-19 di lingkungan sekolah.

Kepala Bidang SMP pada Disdikbud Kota Tangsel, Muslim Nur mengatakan, jika ada laporan siswa terpapar, Satgas Covid-19 tentu akan menindaklanjutinya.

Ia mengaku, pihaknya juga sudah menghimbau agar pihak sekolah tetap menerapkan protokol kesehatan (proses) dengan ketat.

“Kita sudah minta Satgas Covid-19 sekolah lebih aktif mencegah penularan Covid-19,” kata Muslim di Ciputat, Jumat (12/8/22).

Menurutnya, setelah PTM 100 persen resmi berlaku di Tangsel, pihaknya belum mendapatkan laporan ada siswa jenjang SMP yang terpapar Covid-19.

Baca juga: Komitmen Unpam Wujudkan Kampus Ramah Disabilitas

Muslim menjelaskan, jika ada siswa positif Covid-19, langkah penyelesaiannya akan disesuaikan dengan SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

“Pihak sekolah menghimbau untuk siswa tersebut (yang terpapar Covid-19 -red) untuk belajar di rumah” ucapnya.

Kemudian, tambah Muslim, sekolah berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk melakukan treking di dalam satu kelas itu.

“Apabila kasus positif di kelas tersebut terkonfirmasi kurang dari 5 persen, PTM tetap lanjut” kata dia.

“Namun apabila angka terkonfirmasi positif di kelas tersebut di atas 5 persen, maka pihak sekolah diminta untuk melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ),” pungkasnya.

Berdasarkan SKB 4 Menteri, satuan pendidikan perlu mengevaluasi ulang PTM di sekolah apabila hasil surveilans 80 persen.

(*fsy)

Disdikbud Tangsel

PTM

PTM di Tangsel