Jurnalistika

Gempa 5,6 M Guncang Cianjur, Warga Pamulang Berhamburan Keluar Rumah

  • Firmansyah

    21 Nov 2022, 13:48 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Getty Images/iStockphoto/Petrovich9

jurnalistika.id – Gempa Bumi magnitudo 5,5 mengguncang Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11) sekitar pukul 13.21 WIB. Gempa berada pada Koordinat 6.84 Lintang Selatan (LS) dan107.05 Bujur Timur (BT).

“10 km Barat Daya KAB-CIANJUR-JABAR), Kedalaman: 10 Km,” tulis BMKG di Twitter.

Guncangan gempa juga terasa hingga Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Pantauan jurnalistika, sejumlah warga di Kecamatan Pamulang berhamburan keluar rumah mengingat guncangannya terasa besar.

Beberapa warga juga mengaku baru merasakan gempa dengan kekuatan yang cukup besar. Beberapa warga mengaku enggan kembali ke dalam rumah, karena takut terjadi gempa susulan.

BMKG dalam keterangannya, Gempa yang baru terjadi dan berpusat di Cianjur, Jawa Barat itu tidak berpotensi Tsunami.

Pantauan jurnalistika dari Twitter BMKG, sejumlah warga di berbagai kota Jabodetabek juga memberikan kesaksiannya merasakan gempa dengan skala II-III MMI.

“Kerasa sampe Bekasi. Stay safe semuanya,” kata akun @26ceicei.

“Lagi nonton film hantu sambil tengkurep, eh kok goyang kirain ada setan di bawah ranjang kasur, pass lari keluar ternyata tetangga dah rame heboh bilang ada gempa wkwk. Sampe tangerang cuii goyang nya,” cuit akun @@cinnamonbearrr.

Sebagai catatan, skal gempa III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu. Sedangkan skala II MMI artinya getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini.

Breaking News

Gempa Bumi

gempa cianjur

Gempa hari ini

gempa terkini


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami