Jurnalistika

Ganggu Pengerjaan Drainase, Kabel dan Tiang Provider Internet di Tangsel Dipotong

  • Firmansyah

    15 Sep 2022, 21:20 WIB

    Bagikan:

image

Petugas memotong kabel milik provider internet di Tangsel. (Foto: istimewa)

jurnalistika.id – Sejumlah tiang dan kabel semrawut milik provider internet di Jalan Merpati Raya, Sawah Lama, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dipotong. Pemotongan dilakukan lantaran mengganggu pengerjaan drainase oleh Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Kontruksi (SDABMBK) Kota Tangsel pada Kamis 15 September 2022.

Kasie Perencanaan Jalan dan Jembatan Dinas SDABMBK Tangsel, Ramdhan Arafat mengatakan, sebelum ini, pihaknya sudah mengundang pemilik tiang dan kabel provider internet itu ihwal pekerjaan perbaikan drainase. Dalam rapat itu, kata Ramdhan, ia meminta agar tiang-tiang yang mengganggu pengerjaan drainase untuk segera dipindahkan.

“Kita coba kasih pemberitahuan dari bulan Agustus hingga September ternyata di lapangan masih saja belum dipindahkan. Sehingga beberapa segmen kerjaan drainase kita terhambat,” ungkapnya.

Meski ada beberapa provider yang komplain terkait pemotongan itu, Ramdhan menegaskan pihaknya akan memberi tanda pada tiang yang mengganggu proses pekerjaan.

“Kami juga sudah sampaikan kepada provider dan ketua pelaksana lapangan atau proyek, tiang-tiang yang mengganggu kegiatan pelaksana terkait, diberi tanda silang (X). Supaya pihak operator melihat tiangnya mengganggu untuk segera digeser. Apabila tidak digeser kita akan memutus dan memotong,” tegasnya.

Ramdhan menjelaskan, tahun depan pihaknya akan mulai melakukan sosialisasi terkait penertiban tiang-tiang provider internet. Ia mengungkapkan terdapat dua rencana untuk membuat rapih kabel-kabel yang mengganggu itu.

“Tahun depan kita udah mulai sosialisasi terkait menertibkan tiang-tiang, rencananya kita 2 pilihan dalam menertibkan, yang pertama, jika kita ada lahan kita suruh bawah tanah semua. Dan yang kedua apabila lahan itu sempit tidak ada ruang, mereka saya sarankan untuk tiang bersama, jadi 1 tiang untuk beberapa operator jadi lebih aman,” ungkapnya.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini.

DSDABMBK Tangsel

Kabel Provider

Kabel semrawut

Kota Tangerang Selatan