Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Eks Imam Besar FPI Rizieq Shibab Bebas Bersyarat Hari Ini

  • Firmansyah

    20 Jul 2022, 14:05 WIB

    Bagikan:

image

Habib Rizieq Shihab (jubah putih). (dok/ kuasa hukum Habib Rizieq)

jurnalistika.id – Mantan Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Muhammad Rizieq Shihab (HRS) bebas dari Rumah Tahanan Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, hari ini, Rabu (20/7/2022). Namun mantan Imam Besar FPI itu tidak bebas murni, melainkan bebas bersyarat.

Koordinator Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkumham, Rika Aprianti mengkonfirmasi kabar tersebut.

“Bahwa yang bersangkutan mendapatkan Pembebasan Bersyarat pada 20 Juli 2022,” kata Rika melalui keterangan tertulis.

Rika menjelaskan bahwa Rizieq telah memenuhi syarat administratif dan substantif untuk mendapatkan hak remisi dan integrasi. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor 7 Tahun 2022.

Di sisi lain, Pengacara Muhammad Rizieq Shihab, Aziz Yanuar mengatakan kemungkinan eks Imam Besar FPI itu akan bebas dari Rutan Bareskrim Mabes Polri itu pada hari ini. Hanya saja, Aziz tak merinci pukul berapa Rizieq akan bebas.

“Insyaallah, mohon doanya,” kata Aziz, dikutip CNNIndonesia.com, Selasa (19/7) malam.

Rizieq resmi ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya setelah ditetapkan sebagai tersangka atas perkara kerumunan dan penyebaran berita bohong pada 12 Desember 2020.

Sebelumnya, Rizieq mendapatkan vonis empat tahun penjara di tingkat peradilan pertama di Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Vonis tersebut lebih rendah dari tuntutan enam tahun penjara dari Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Hakim menyatakan bahwa Rizieq bersalah karena menyebarkan berita bohong terkait hasil tes swab dalam kasus RS Ummi, Bogor hingga menimbulkan keonaran pada Kamis, 24 Juni 2021.

Upaya hukum pihak Rizieq dalam kasus RS Ummi berlanjut hingga ke Mahkamah Agung (MA). MA mengurangi hukumannya dari empat tahun penjara menjadi dua tahun penjara pada Senin, 15 November 2021.

Sementara itu Rizieq divonis delapan bulan penjara dalam perkara kerumunan di Petamburan.

Selanjutnya Rizieq mendapat vonis denda sebesar Rp 20 juta subsider lima bulan kurungan dalam kasus kerumunan massa di Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Lagi, Habib Bahar bin Smith Jadi Tersangka!

Dapatkan berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

Habib Rizieq Bebas

Habib Rizieq Syihab

rizieq shihab