Jurnalistika

Dukung Aspirasi Mahasiswa, DPRD Tangsel Akan Kirimi Pusat Surat Pernyataan

  • Firmansyah

    29 Agt 2022, 22:53 WIB

    Bagikan:

image

Ketua DPRD Tangsel Abdul Rasyid menemui mahasiswa yang menyampaikan tuntutan menolak kenaikan BBM. (jurnalistika/firman)

jurnalistika.id – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Perlawanan Rakyat Atas Kenaikan Minyak Nasional (Pertamina) menggelar aksi menolak wacana kenaikan harga BBM. Aksi mahasiswa tersebut berlangsung di depan gedung DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Senin, 29 September 2022.

Meski sempat ricuh lantaran aparat menahan desakan mahasiswa yang merangsek masuk, aksi berjalan kondusif hingga massa membubarkan diri.

Di tengah orasi, Ketua DPRD Kota Tangsel Abdul Rasyid serta Anggota Komisi IX Julham Firdaus datang menemui mahasiswa.

Rasyid mengatakan bahwa pihaknya menampung sejumlah aspirasi mahasiswa. Ia mengaku akan menindaklanjuti tuntutan mahasiswa dengan mengirim surat ke pemerintah pusat.

“Kita siap mengakomodir apa yang menjadi aspirasi dari teman-teman. Kami dari DPRD Tangsel sepakat, nanti aspirasi dari teman-teman mahasiswa dan masyarakat akan kita teruskan ke pemerintah setelah kami rapat di Bamus,” kata Rasyid saat berdialog dengan massa.

Ia menilai, aspirasi tersebut merupakan keluh kesah masyarakat. Untuk itu dorongan dari para mahasiswa dan masyarakat tentunya harus menjadi perhatian khusus bagi pemerintah.

Senada dengan Rasyid, anggota Komisi IX DPRD Tangsel, Julham Firdaus yang juga datang menemui mahasiswa memastikan akan menindaklanjuti tuntutan yang disuarakan.

“Suara tadi, aspirasi tadi akan jadi bahan diskusi, dan akan kita teruskan aspirasi penolakan kenaikan BBM ini ke tingkat provinsi dan DPR RI. Karena kewenangannya kan pusat,” kata Julham.

Namun, politisi Partai Demokrat itu mengatakan, sesuai apa yang sudah disampaikan Abdul Rasyid, pihaknya memiliki mekanisme sendiri untuk menindaklanjuti aspirasi penolakan kenaikan BBM tersebut. Yaitu dengan melalui mekanisme Badan Musyawarah (Banmus) DPRD.

“Karena kami DPRD sifatnya menyampaikan dan meneruskan bukan kewenangan kami tapi suara rakyat keluhan rakyat harus terus kami tampung dan kami sampaikan,” pesan Julham.

Lebih lanjut, Ia mengapresiasi para demonstran yang telah menjaga kondusifitas dan bisa bekerjasama menjaga dan tidak merusak fasilitas umum di DPRD.

“Mari terus bersama-sama DPRD menyuarakan aspirasi masyarakat, hak masyarakat, keinginan masyarakat, tapi dengan tertib dan sesuai dengan niat baiknya,” tukasnya.

Baca juga: Mahasiswa Jebol Gerbang DPRD Tangsel Saat Demo Tolak Kenaikan BBM

Ikut berita jurnalistika.id lainnya di Google News, klik di sini.

Demo Mahasiswa

DPRD Kota Tangerang Selatan

Pertamina