Jurnalistika
Loading...

Dua Tol Tangsel Ruas Serpong-Pamulang Diresmikan Presiden Jokowi

  • Firman Sy

    02 Apr 2021 | 00:34 WIB

    Bagikan:

image
Photo/Ilustrasi

Jurnalistika.id – Presiden Jokowi meresmikan jalan tol Serpong-Cinere ruas Serpong – Pamulang dan jalan tol cengkareng – Batuceper – kunciran. Acara peresmian digelar di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Kamis, ( 01/04/2021).

“Alhamdulillah pada pagi hari ini jalan tol Serpong – Cinere ruas Serpong – Pamulang dan jalan tol Cengkareng – Batuceper – Kunciran telah selesai dan dapat digunakan,” kata Jokowi saat meresmikan tol tersebut.

Jalan tol Serpong – Cinere memiliki panjang 10,14 kilometer dan terdiri atas seksi 1 Serpong-Pamulang sepanjang 6,59 kilometer dan seksi 2 Pamulang-Cinere sepanjang 3,55 kilometer. Sementara itu, jalan tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran memiliki panjang 14,19 kilometer.

Jalan tol tersebut merupakan bagian dari jaringan jalan tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) II untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jabodetabek. Selain itu, jalan tol tersebut juga akan melengkapi ruas tol JORR II di sisi barat.

Keberadaan jalan tol Serpong-Cinere akan menjadi salah satu alternatif akses warga Pamulang dari dan menuju ke BSD. Di samping itu, kedua jalan tol tersebut juga akan menjadi salah satu alternatif akses dari dan menuju Bandara Soekarno-Hatta.

“Pengoperasian jalan tol ini sangat dinantikan oleh masyarakat, terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena dapat menjadi alternatif bagi masyarakat, khususnya masyarakat Tangerang Selatan dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta,” katanya.

Jalan Tol Tangsel Solusi Kemacetan Lalin Kota Satelit

Jalan tol tersebut juga diyakini akan melancarkan mobilitas masyarakat, memecahkan kemacetan lalu lintas yang selama ini menumpuk di kota Jakarta, dan melancarkan mobilitas komuter, baik Jakarta maupun kota-kota satelit ibukota.

Selain itu, jalan tol juga dapat melancarkan distribusi barang ke berbagai kawasan yang dilalui jalan tol ini sehingga menghemat waktu tempuh dan akan menurunkan biaya logistik.

Dalam siaran pers, presiden melanjutkan bahwa jalan tol tidak hanya menghubungkan antarwilayah atau antardaerah, tetapi juga meningkatkan daya saing daerah dan membangkitkan ekonomi di kawasan sekitarnya.

“Saya minta agar pemerintah daerah menjadikan infrastruktur ini sebagai sebuah keunggulan dan modal penting untuk menarik investasi, lebih banyak investasi yang datang agar lebih banyak usaha-usaha baru yang dikembangkan dan ini akan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya,” ujar dia.

Turut hadir dalam peresmian jalan tol tersebut, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Banten Wahidin Halim, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, dan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany.

Baca Juga:

Airin Rachmi Diany

Joko Widodo

Pamulang

peresmian jalan tol

Presiden Jokowi

PUPR

Serpong


Konten Sponsor

Populer

6 Rekomendasi Tempat Bukber Puasa Ramadhan di Pamulang Tangerang Selatan
Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami