Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Ditembak Senjata Rakitan, Mantan PM Jepang Shinzo Abe Meninggal

  • Firmansyah

    08 Jul 2022, 17:16 WIB

    Bagikan:

image

Mantan PM Jepang, Shinzo Abe. (REUTERS via BBC)

jurnalistika.id – Setelah menjadi korban penembakan di pinggir jalan Kota Nara, Jumat (7/7/2022), mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe meninggal.

Shinzo Abe ditembak seorang pria bernama Tetsuya Yamagami (41) saat sedang berpidato di dekat stasiun Yamato-Saidaijisekitar Pukul 11.30 waktu setempat. Polisi kemudian menangkap Tetsuya atas dugaan percobaan pembunuhan dengan barang bukti senjata rakitan.

Melansir NHK, seorang pejabat Partai Demokrat Liberal Jepang (LDP) mengatakan, Shinzo Abe meninggal di sebuah rumah sakit di Kota Kashihara, Prefektur Nara.

Sebelumnya, setelah tertembak dan tak sadarkan diri, petugas mengevakuasi Abe dengan ambulans ke Rumah Sakit Universitas Kedokteran Nara di Kota Kashihara.

Menurut petugas Dinas Pemadam Kebakaran Jepang, Mantan PM Jepang Shinzo Abe mengalami luka dan pendarahan di sisi kanan leher. Selain itu, pendarahan subkutan di dada kirinya, dan dalam keadaan cardiopulmonary arrest (henti jantung).

Shinzo Abe merupakan perdana menteri paling lama menjabat sepanjang sejarah Jepang modern. Dia menjabat sebagai perdana menteri Jepang selama dua kali periode, antara tahun 2006 hingga 2007. Dan berlanjut pada 2012 hingga 2020.

Sementara itu, Menurut pejabat Kementerian Pertahanan Jepang, motif tersangka penembak Abe ialah karena tidak puas dengan eks PM Jepang itu dan hendak membunuhnya.

“Dia (pelaku) tidak puas dengan Mantan Perdana Menteri Abe dan bertujuan untuk membunuhnya,” katanya.

“Ini bukan dendam terhadap keyakinan politik mantan Perdana Menteri,” tambah pernyataan polisi itu.

Baca juga: Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak Saat Berpidato

Ikuti berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

Jepang

Penembakan

pm jepang

shinzo abe