Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Calon Haji yang Meninggal di Tanah Suci Bertambah 6 Orang

  • Firmansyah

    19 Jun 2022, 19:03 WIB

    Bagikan:

image

Musim Haji 2022 (photo by ibrahim uz on Unsplash)

jurnalistika.id – Seorang jamaah haji asal Sragen, Jawa Tengah meninggal dunia di Kota Madinah, Arab Saudi, Sabtu (18/6/2022).

Calon haji dari embarkasi Solo ini membuat daftar Jamaah haji asal Indonesia yang meninggal pada musim haji 2022 bertambah menjadi enam orang.

Koordinator Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Sarip Sahrul Samsudin, calon haji tersebut bernama bernama Purnomo bin Sukaryo (61). Ia meninggal karena sakit jantung.

Baca juga: Walikota Tangsel Lepas Keberangkatan 389 Calon Jemaah Haji 2022

Selain itu, Sarip juga menungkapkan bahwa ada tiga jamaah anggota embarkasi Solo yang kini tengah menjalani perawatan di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KHHI) di Arab Saudi.

Ia merinci satu warga asal Kendal yang menjadi anggota kloter 11 menjalani perawatan di KKHI Madinah. Sementara itu, dua anggota kloter 4 asal Grobogan di KKHI Mekkah.

Tak hanya itu, lima calon haji dari daerah Embarkasi Solo masih menjalani perawatan di Indonesia.

Sebanyak tiga orang dirawat di Rumah Sakit TNI AU Karanganyar, dan dua lainnya dirawat di Poliklinik Asrama Haji Donohudan.

Sementara itu, Tenaga Kesehatan Haji Indonesia, Dyah Listyorini menyebutkan, penyebab meninggalnya jamaah haji asal Sragen tersebut karena penyakit kardiovaskuler.

Dyah mengatakan bahwa Purnomo pingsan sebelum wafat. Petugas kesehatan yang ada di lokasi kejadian langsung memberikan pertolongan pertama.

Kemudian tim kesehatan meminta bantuan dari Rumah Sakit Al Shafiah, yang langsung mengirim tim untuk menjemput pasien.

Baca juga: 187 Calon Jemaah Haji Asal Kota Tangsel Terancam Gagal Berangkat, Ini Sebabnya

Selama perjalanan menuju ke rumah sakit, upaya pacu jantung terus dilakukan pada pasien.

Setelah tiba di rumah sakit pasien langsung mendapat penanganan medis. Namun, pasien tidak tertolong lagi dan meninggal dunia pada Sabtu pukul 08.10 waktu Arab Saudi.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google News

(fsy)

Jamaah Haji

Musim Haji 2022