Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Antisipasi PPDB SMP Negeri Lebihi Kuota, Ini yang Disiapkan Pemkot Tangsel

  • Malik Abdul Aziz

    17 Jun 2022, 17:24 WIB

    Bagikan:

image

Walikota Tangsel Benyamin Davnie di Gedung DPRD Kota Tangsel (dok: Kabar6)

jurnalistika.id – Untuk mengantisipasi kelebihan kuota pada PPDB SMP Negeri, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) menyiapkan 2500 beasiswa agar siswa bersekolah di SMP Swasta.

“Kebijakan kita berdua adalah tahun ini kita luncurkan beasiswa bagi anak-anak yang gak ketampung di PPDB SMP Negeri itu kita berikan beasiswa nanti,” ujar Walikota Tangsel, Benyamin Davnie di Gedung DPRD Kota Tangsel, Setu, Kamis (16/6/2022).

Benyamin menerangkan, saat ini pendaftar PPDB tingkat SMP Negeri di Kota Tangsel telah mencapai 3000 peserta.

Ia menambahkan, seleksi dan teknis pemberian beasiswa tersebut akan dilakukan oleh dinas terkait. Adapun biaya untuk beasiswa tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Beasiswa biaya bulanannya kira-kira demikian. Jadi sekolah di mana bukannya sekolah negeri. Biaya bulanannya itu dicover oleh Pemda (APBD) karena anggarannya tidak semua jadi kalau gak salah 2500,” tutupnya.

Diketahui, kuota PPDB tingkat SMP Negeri di Kota Tangsel sebanyak 5000 siswa. Kuota tersebut tersebar di 24 sekolah di 7 Kecamatan di Kota Tangsel.

Terdapat beberapa jalur yang bisa peserta gunakan untuk mendaftar PPDB. Yaitu jalur zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua atau wali, prestasi non-akademik (hasil perlombaan), serta prestasi bersertifikat.

Selain itu, pada PPDB Tangsel tahap II yang akan dilaksanakan pada 23, 24, dan 27 Juni 2022, jalur yang bisa peserta gunakan yaitu Jalur Prestasi Nilai Raport. Jalur ini memiliki kuota 23 persen untuk pendaftar dari dalam zonasi. Adapun dari pendaftar dari luar zonasi, kuota jalur ini 2 persen.

Baca berita dan informasi menarik lainnya dari jurnalistika di Google Newsklik di sini.

(fsy/fsy)

Benyamin Davnie

Kota Tangerang Selatan

kuota ppdb smpn tangsel

PPDB

ppdb tangsel 2022