Jurnalistika

Angin Puting Beliung Rusak 38 Rumah Warga Parakansalak Sukabumi

  • Firmansyah

    15 Agt 2022, 09:55 WIB

    Bagikan:

image

Hujan disertai angin kencang juga terjadi di Kota Tangerang Selatan, Jumat (12/8). (foto: jurnalistika).

jurnalistika.idHujan deras disertai angin puting beliung pada Minggu (14/8/22) sore sekitar pukul 14.30 WIB mengguyur Kabupaten Sukabumi. Setidaknya ada 38 rumah warga dan satu Majlis Taklim di Kecamatan Sukakersa dan Bojongasih, Kecamatan Parakansalak rusak akibat terjangan angin puting beliung tersebut.

“Pada pukul 14.30 terjadi hujan lebat di sertai angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang menimpa beberapa rumah dan menutupi jalan Desa,” kata Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Parakansalak Jujun Juaeni dalam keterangannya, Minggu.

Jujun mengatakan, di sejumlah desa di Kecamatan Parakansalak mengalami dampak yang cukup parah. “Di kampung Garduh RT 10 RW 02 Desa Bojongasih ada 19 Rumah 1 majlis ta’lim di kampung Pasirbuntung RT 04 RW 02 ada 19 Rumah rusak sedang hingga ringan,” kata Jujun.

Baca juga: Cuaca Ekstrem, BPBD Sukabumi Imbau Warga Tunda Perjalanan

Kapolsek Parakansalak Polres Sukabumi, Iptu Dodi Irawan menambahkan, angin puting beliung juga mengakibatkan beberapa pohon tumbang dan menimpa rumah warga Kampung Lamping RT 01/02, Desa Sukatani, Kecamatan Parakansalak, Kabupaten Sukabumi.

“Pohon yang tumbang akibat diterjang puting beliung tersebut menimpa 2 rumah warga Kampung Lamping. Pertama rumah pak Ocid (35) lalu rumah milik pak Toni (45). Keduanya mengalami kerusakan pada bagian atapnya,” ujar Dodi, Minggu (14/8/2022) malam.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, kerugian materi akibat bencana yang menimpa 2 rumah tersebut, diperkirakan sebesar Rp5 juta.

Saat ini petugas gabungan beserta warga setempat sudah mengevakuasi pohon yang menimpa rumah warga tersebut.

(fsy)

Angin Kencang Sukabumi

Angin puting beliung

Berita Cuaca Sukabumi

Hujan Angin

Sukabumi