Rabu, 17 Agustus 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

7 Keajaiban Dunia versi NOWC Tak Masukkan Candi Borobudur dalam Daftar

  • Firmansyah

    18 Jul 2022, 14:42 WIB

    Bagikan:

image

Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Foto: Unsplash)

jurnalistika.id – Meski Unesco menetapkan Candi Borobudur sebagai salah satu warisan dunia. Tapi di daftar 7 Keajaiban Dunia versi New Open World Corporation (NOWC), candi yang berada di Magelang tersebut tidak termasuk di dalamnya.

NOWC merupakan sebuah yayasan di Swiss, mereka membuat daftar 7 Keajaiban Dunia melalui voting kepada 100 juta orang di seluruh dunia. Mereka melakukan voting itu pada 2004 sampai 2005 terhadap 176 nominasi.

Lantas NOWC mengumumkannya pada tahun 2007 dengan hasil 7 Keajaiban Dunia, di mana Candi Borobudur tidak termasuk di dalamnya.

Meski sempat masuk nominasi dan masuk dalam daftar 77 pilihan teratas, sayangnya Candi Borobudur tidak berlanjut ke tahap berikutnya.

Selain Borobudur, nominasi yang masuk dalam daftar tersebut juga sempat memasukkan sawah Terasiring Tegallalang yang berada di Bali. Namun sayangnya, sawah ini pun gagal melangkah ke tahap berikutnya.

Di samping itu, dalam daftar tersebut juga tidak memasukkan tempat terkenal lain selain Borobudur dan sawah Terasiring Tegallalang yaitu Acropolis di Yunani.

Melansir dari britannica, berikut ini daftar 7 Keajaiban Dunia versi NOWC

  • 1. Tembok Besar China
  • 2. Chichén Itzá, Meksiko
  • 3. Petra, Yordania
  • 4. Macchu Picchu, Peru
  • 5. Patung Yesus Kristus Sang Penebus, Brasil
  • 6. Colosseum, Italia
  • 7. Taj Mahal, India.

Sebagai informasi, hasil polling daftar keajaiban dunia oleh NOWC pun itu pun menuai banyak kritik karena hanya memperkenalkan tempat-tempat terkenal.

UNESCO pun memilih tidak ikut campur dan hanya membantu negara-negara dalam mengidentifikasi, melindungi, dan melestarikan Warisan Dunia.

Baca juga: 10 Negara Terbersih di Dunia Tahun 2022, Adakah Indonesia?

Dapatkan berita pilihan jurnalistika.id setiap hari langsung ke ponsel di Grup Telegram “Sahabat Jurnalistika”. Mari bergabung dengan cara Klik link ini, kemudian join.

7 keajaiban dunia

Candi Borobudur

warisan dunia