Senin, 24 Januari 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika
Jurnalistika

6 Fakta Menarik Kampung Sultan di Wanareja Cilacap

  • Khazim Mahrur

    04 Jan 2022, 16:30 WIB

    Bagikan:

<p>(c) Blacker majenang</p>

(c) Blacker majenang

jurnalistika.id – Belakangan ini, publik dibuat takjub oleh pemukiman padat penduduk dengan deretan rumah mewah hingga menjulukinya ‘kampung sultan’. Ternyata kampung tersebut berada di Dusun Timbang Desa Jambu, Kecamatan Wanareja, Kabupaten Cilacap.

Awalnya, informasi tersebut berasal dari salah satu kanal YouTube “Blacker Majenang” yang bertajuk: “Tidak ada orang miskin di sini..!!

Berikut 6 fakta menarik Kampung Sultan di Wanareja Kabupaten Cilacap.

1. Memiliki Rumah Megah

kampung sultan
(c) Blacker Majenang

Dalam video tersebut memperlihatkan puluhan rumah megah. Selain itu, kebanyakan desain rumahnya bernuansa modern.

2. Memiliki Mobil Mewah

kampung sultan
(c) Blacker Majenang

Selain memilik rumah mewah, penduduknya mayoritas memiliki mobil mewah. Disebutkan juga bahwa mobil mewah yang dimiliki penduduk tersebut merupakan mobil jenis keluaran baru.

3. Mempunyai Kolam Ukuran 80 x 50 meter

kampung sultan
(c) Blacker Majenang

Berdasarkan penuturan Umron Royadi, pemilik chanel Blacker Majenang mengatakan bahwa pemilik kolam tersebut bernama Pak Joyo. Kolam tersebut bukan untuk menjadi sumber penghasilan, namun sebagai hiasan untuk mempercantik rumah.

4. Penduduknya Pekebun dan Petani

Berdasarkan penuturan Boy, warga asli kampung tersebut, penduduk di kampungnya selain merantau ke luar kota juga memiliki mata pencaharian sebagai petani dan pekebun.

“Sebagian besar penduduk di sini bekerja sebagai petani dan bermigrasi ke kota, dan sebagian lagi bercocok tanam di sawah, palawija, karet dan hasil pertanian lainnya,” kata Boy.

Sedangkan penduduk yang merantau ke kota rata-rata bekerja di pabrik atau berdagang, kebanyakan di Jakarta dan Bandung.

“Sebagian besar penduduk di sini bekerja sebagai petani dan bermigrasi ke kota, dan sebagian lagi bercocok tanam di sawah, palawija, karet dan hasil pertanian lainnya,” ucap Boy.

Selain itu, menurutnya, warga desa tersebut dikenal sebagai pekerja keras dan ulet. Kondisi inilah yang membuat mereka itu sukses.

“Alhamdulillah, saya bekerja keras dan keras, dan sekarang ini sukses,” pungkasnya

5. Terdapat di Wilayah Pegunungan

kampung sultan
(c) Blacker Majenang

Bukan hal yang aneh dan menarik, jika hal tersebut terjadi di daerah perkotaan. Uniknya, kampung dengan sederet fakta menarik tersebut berada di daerah pegunungan dan terpencil.

Rute ke Lokasi

Berdasarkan penuturan Umron Rosyadi, pemilik Chanel YouTube “Blacker Majenang”, rute menuju wilayah tersebut terbilang cukup sulit. akses menuju lokasi harus melewati beberapa hutan pinus dengan jarak tempuh sekitar 40 km dari jalan raya.

“Kalau hendak menuju ke sana jalannya cukup sulit. Kondisi jalannya rusak dan harus melewati 5 hutan pinus dan jauhnya sekitar 40 km”, katanya.

Unggahan tersebut telah ditonton sebanyak 717 ribu kali dan mendapat 1.396 komentar.Warganet menunjukkan sikap salut dan kagum atas usaha dan kerja keras dari para penduduknya.

“Kereeeen, konten yg sangat mengaspirasi bagi kita semua, sungguh sy baru pertama kali melihat konten ini. Salut sama warga jambu yg telah bekerja keras untuk memajukan desanya, yg berimbas pada kemakmuran warganya, walaupun desa tp tidak kalah dengan pemandangan dikota” tulis akun @Rahmat Sudarsana.

“Alhamdulillah, walau hidup di kampung klo masyarakatnya pekerja keras pasti Allah akan memberikan keberkahan, memang sih kebanyakan yg muda” yg kerja di perantauan”, sela akun @Dewi Lestari.

Baca juga: Ketahui Gizi Pada Otak Sapi, Risiko Kesehatan dan Cara Mengolahnya

berita viral

Cilacap

kampung unik

rumah sultan


Rekomendasi

Populer

Mencermati Komitmen Pemerintah Menjawab Tantangan Fiskal 2022