Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

35 Ekor Sapi Kurban di Tangsel Terjangkit PMK

  • Firmansyah

    23 Jun 2022, 09:47 WIB

    Bagikan:

image

Hewan sapi ternak (Foto. dok: agroindonesia)

jurnalistika.id – Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencatat 35 ekor hewan ternak sapi di Tangsel terinfeksi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Kepala Dinas DKP3 Tangsel, Yepi Suherman mengatakan, 35 sapi yang terkena PMK itu berasal dari total 4.800 ekor sapi yang masuk wilayah Tangsel selama dua bulan terakhir.

“Per 22 Juni 2022 posisi hewan buat kurban dari sekitar 4.800 ekor sapi yang sudah kita pantau, yang terkena PMK ada sekitar 35 ekor. Data dari Mei sampai Juni ini,” kata Yepi Suherman, Rabu (22/6) dikutip Republika.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran PMK di Tangsel, Dia memastikan akan melakukan pengecekan rutin ke titik-titik lapak hewan kurban untuk memantau kondisi kesehatan hewan ternak.

“Untuk memantau setiap lapak kami secara berkala di Dinas Ketapang (Ketahanan Pangan) dengan dokter hewannya. Per 2 hari sekali mengecek lapak-lapak yang ada di Tangsel,” ujarnya.

Yepi mengungkapkan bahwa ada 135 lapak hewan kurban di Tangsel yang menjadi sasaran pengecekan.

Nantinya, pihaknya akan memberikan stiker dan surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) bagi lapak-lapak yang hewannya terbukti sehat.

Selain itu, Yepi menyebut akan melakukan isolasi terhadap hewan-hewan yang terindikasi penyakit tersebut.

“Tetap kita dari dokter hewan turun ke lapak-lapak. Hewan yang punya indikasi gejala klinis kita isolasi kita obatin. Untuk yakin kena enggaknya diambil sampel dahaknya, dikirim ke Subang, sekitar empat hari,” kata dia.

Meski demikian, dia meminta masyarakat untuk tidak khawatir, namun tetap waspada.

Dia pun mengimbau masyarakat agar melihat kondisi kesehatan hewan ternak serta meminta pedagang menunjukkan SKKH sebelum memberi atau mengonsumsinya.

Baca berita jurnalistika.id lainnya di Google Newsklik di sini.

Hewan Ternak

Penyakit Kuku dan Mulut

pmk

pmk di tangsel