Kamis, 30 Juni 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Ketahui 4 Manfaat Campuran Jeruk Nipis dan Jahe. Yuk Bikin di Rumah!

  • Khazim Mahrur

    15 Feb 2022, 08:30 WIB

    Bagikan:

image

Jahe dan Jeruk Nipis yang Kaya Manfaat (c) istockphoto

jurnalistika.id – Bagi Anda yang tinggal di pedesaan, pastinya akan sangat mudah menemukan dua jenis bahan minuman tradisional ini, yup, Jeruk nipis dan jahe.

Selain menjadi campuran bumbu dapur, kombinasi jeruk nipis dan jahe bisa menjadi minuman segar yang kaya manfaat.

Berikut ini, jurnalistika akan mengulas manfaat minuman kombinasi jeruk nipis dan jahe dan cara membuatnya. Yuk simak!

1. Mengurangi Mual

Aroma jahe yang kuat serta rasa yang pedas dapat membantu meredakan mual dan mencegah muntah. Jeruk nipis mampu menimbulkan efek yang menyegarkan ketika kamu sedang merasa mual. Kombinasi keduanya (jahe dan jeruk nipis) dapat menghilangkan rasa mual.

2. Meredakan Flu dan Batuk

Manfaat jahe selanjutnya adalah untuk meredakan batuk. Studi dalam “American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology” menyatakan, beberapa senyawa anti-inflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara sehingga meredakan batuk.

Selain itu, Jahe dapat membantu mengurangi iritasi di tenggorokan dan paru-paru, serta membersihkan saluran udara dan meredakan batuk kering.

Agar optimal, konsumsi jahe dengan menyeduhnya dalam minuman hangat. Anda juga dapat menambahkan madu untuk meningkatkan rasa dan khasiat.

selain itu jeruk nipis  mengandung senyawa bermanfaat seperti vitamin C, beta-karoten, flavonoid, limonoid dan asam sitrat. Kandungan asam sitrat dalam jeruk nipisyang lebih banyak dibandingkan buah jeruk lainnya. Sebagai asam, ia memiliki kemampuan yang diusulkan untuk memecah lendir, jika batuk produktif.

Dengan demikian kombinasi keduanya dapat meredakan flu dan batuk.

3. Campuran Jeruk Nipis dan Jahe dapat Meningkatkan Stamina

Mengutip detik.com dari Live Strong, jahe mengandung potasium, magnesium, vitamin B6, dan mangan. Semuanya berperan penting untuk menjaga kesehatan saraf, khususnya mangan.

Dengan membantu pembentukan dan pelepasan hormon testosteron, mangan pada jahe bermanfaat penting untuk menambah libido dan produksi sperma pria.

Bagi pekerja keras minum air jeruk nipis sangat bagus untuk kesehatan tubuh terlebih jika dicampur madu.  Hal ini akan menambah tenaga dan membuat Anda bersemangat di pagi hari.

Kombinasi minuman jahe dan jeruk nipis dipercaya dapat meningkatkan stamina.

Baca juga: Kenalan sama Jeruk Kumquat, Si Mungil yang Kulitnya Bisa Dimakan

4. Mengurangi Rasa Sakit

Melansir hellosehat.com suatu penelitian di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahe setiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot hingga 25%.

Manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi. Suatu penelitian menyebutkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit karena menstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

Salah satu bahan alami yang bermanfaat menurunkan asam urat tinggi adalah jeruk nipis. Melansir Tribunnews.com, jeruk nipis mengandung vitamin C dan asam sitrat yang bermanfaat melarutkan asam urat melalui urine. 

selain itu, jeruk nipis yang berfungsi sebagai anti radang sangat bermanfaat untuk masalah peradangan sendi. Salah satu dari banyak penyebab radang sendi adalah kelebihan asam urat dalam tubuh. Asam sitrat yang terdapat pada jeruk nipis memiliki manfaat untuk melarutkan kelebihan asam urat.

Kombinasi jahe dan jeruk nipis dapat mengurangi rasa sakit, seperti: sakit otot, nyeri Ketika haid, nyeri akibat asam urat tinggi dan peradangan sendi.

Baca juga: Alasan Ilmiah Pisang Sebagai Buah Beri dan Strawberry bukan!

Cara Membuat

Berikut cara membuat minuman kombinasi jahe dan jeruk nipis yang kaya manfaat.

  • Siapkan panci dan isi dengan air
  • Cuci dan bersihkan jahe dan jeruk nipis.
  • Tumbuk jahe hingga memar atau bisa juga diparut lalu peras hingga keluar air sari jahenya.
  • Belah jeruk nipis dan peras airnya
  • Masukan perasan sari ke dalam panci
  • Tambahkan madu atau gula aren untuk memperkaya rasa
  • Rebus sampai mendidih, lalu sajikan dalam keadaan hangat.

Minuman jahe plus jeruk nipis ini dapat memberikan beragam manfaat bagi tubuh. Meski demikian, sebaiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

jeruk nipis

jeruk nipis dan jahe

kesehatan

manfaat jeruk nipis

minuman tradisional