Jurnalistika

Berat Badan Naik Selama Karantina? Lakukan 5 Olahraga Ini

  • Mery

    19 Des 2020, 19:57 WIB

    Bagikan:

image

Foto: Yoga menjadi olahraga yang penting dilakukan untuk orang yang memiliki masalah berat badan

Jurnalistika.id – Saat ini pemerintah tengah memberlakukan pengetatan perilaku masyarakat guna menghindari adanya kerumunan. Akibatnya, sejumlah kegiatan di luar ruangan menjadi terbatas, karena minimnya aktivitas di dalam rumah, masyarakat menjadi kurang memperhatikan pola makan, dan tidak sedikit dari mereka yang mengeluhkan berat badan naik.

Bagi anda yang risau karena berat badan bertambah selama masa karantina mandiri di rumah, anda bisa melakukan lima jenis olahraga berikut ini tanpa perlu risau harus mengeluarkan budget sepersen pun. Berikut penjelasannya.

1. Yoga

Yoga mungkin menjadi pilihan favorit bagi Anda yang ingin berolahraga selama masa karantina mandiri di rumah. Melakukan yoga di rumah selama masa karantina mandiri dapat membuat Anda lebih tenang dalam menghadapi ancaman penyakit yang ada di luar rumah.

Selain itu, yoga dapat membuat tubuh Anda terasa lebih rileks dan sehat. Namun, untuk menghindari risiko cedera karena tidak ada pelatih yang mengawasi, lakukan gerakan yoga yang sederhana saja.

Tidak perlu melakukan gerakan yoga yang rumit. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga simpel yang sudah dipelajari sendiri.

2. Aerobik atau Zumba

Selain yoga, olahraga ini menjadi pilihan olahraga di rumah yang juga populer. Aerobik atau zumba bisa dilakukan di rumah dengan cukup mendengarkan alunan musik atau menonton video melalui gadget yang tersedia di rumah Anda. Anda bisa mengikuti gerakan-gerakan dari aerobik atau zumba dari video tersebut.

Olahraga ini tidak membutuhkan waktu yang lama. Anda cukup melakukan aerobik atau zumba selama 30 menit dalam sehari. Bisa dilakukan di pagi hari atau sore hari, sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu, agar lebih seru, Anda bisa mengajak anggota keluarga Anda lainnya di rumah untuk zumba bersama Anda.

3. Lompat Tali

Olahraga yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin sesuatu yang mudah dan simpel. Lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah dan tetap bisa membuat Anda berkeringat serta meregangkan otot.

Olahraga ini juga tidak memerlukan skill khusus untuk melakukannya, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan olahraga ini meskipun tanpa pengawasan dari pelatih olahraga Anda.

Cukup dengan melakukannya selama 15-30 menit sehari maka Anda akan merasa lebih bugar dan tentunya lompat tali bisa membantu menurunkan berat badan Anda dengan baik.

4. Push Up dan Sit Up

Push up dan sit up adalah olahraga ringan yang paling banyak dilakukan orang di rumah. Olahraga yang satu ini memang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh seseorang. Push up dapat memperkuat otot lengan Anda sedangkan sit up baik untuk melatih dan membentuk perut.

Push up dan sit up ini bisa Anda lakukan sendirian atau bisa juga dengan dua orang. Ajaklah anggota keluarga Anda lainnya untuk melakukan olahraga push up dan sit up ini selama masa karantina mandiri di rumah.

5. Naik Turun Tangga

Naik turun tangga bisa menjadi pilihan olahraga bagi Anda yang bosan selama menjalani masa karantina mandiri di rumah. Namun, olahraga ini lebih mungkin untuk dilakukan bagi Anda yang memiliki rumah dengan dua lantai.

Caranya pun sangat mudah, karena Anda hanya perlu untuk menaiki dan menuruni tangga selama beberapa kali. Cukup lakukan ini selama 10-15 menit. Lakukanlah naik turun tangga serutin mungkin, karena manfaatnya untuk membakar kalori sangatlah efektif.

Baca Juga : Ketahui Faktor Penyebab Alergi dan Cara Mencegahnya

karantina Mandiri

Olahraga selama pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami