Jurnalistika

Cari Tahu Waktu Terbaik Minum Vitamin Harianmu di Sini!

  • Ninda Utami

    14 Jan 2021, 22:00 WIB

    Bagikan:

image

(c) Kayla Maurais on Unsplash

Jurnalistika.id – Sebagian orang percaya bahwa minum vitamin di pagi hari bikin tubuh menjadi lebih berenergi untuk melakukan aktivitas.

Namun, ada juga yang percaya bahwa minum vitamin di malam hari justru bisa bikin kamu merasa lebih segar dan bugar di keesokan harinya.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk minum vitamin? Pagi atau malam hari?

Profesor ilmu gizi dan kebijakan dari Tufts University di Boston, Jeffrey Blumberg tidak menyarankan untuk mengonsumsi suplemen makanan atau multivitamin di malam hari.

“Pencernaan melambat saat tidur, jadi mengonsumsi suplemen nutrisi pada larut malam tidak akan terserap tubuh dengan efisien.”

Dan hal tersebut juga disetujui oleh Neil Levin, seorang ahli gizi klinis di NOW Foods.

“Multivitamin cenderung bekerja paling baik jika diminum lebih awal yaitu pagi hari karena vitamin B di dalamnya akan merangsang metabolisme dan mengembalikan fungsi otak karena tidur semalaman” tutur Levin.

Nah, sebenarnya waktu terbaik untuk meminum vitamin tergantung pada jenis vitamin yang kamu konsumsi dan khasiat vitamin tersebut bagi kesehatan. Dibawah ini sudah dikelompokan jenis vitamin berdasarkan waktu untuk meminumnya.

1. Vitamin Pagi

Vitamin dan mineral yang baik dikonsumsi pada pagi hari, yaitu:

  • Multivitamin
  • Vitamin B
  • Vitamin C

Minum multivitamin di pagi hari memungkinkan zat sintesis dapat terserap dengan baik ke dalam tubuh.

Selain itu, multivitamin termasuk vitamin yang larut dalam lemak, artinya kamu perlu sarapan atau makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi multivitamin agar dapat bekerja secara optimal.

Vitamin B dan C termasuk kedalam vitamin yang larut dalam air yang sangat dibutuhkan tubuh setiap hari. Bahkan, kamu tidak perlu mengonsumsi bersamaan dengan makanan, vitamin ini akan terserap dengan baik ke dalam tubuh.

Dilansir dari situs verywellfit, beberapa orang telah melaporkan bahwa dosis vitamin C yang lebih besar ternyata mengganggu tidur mereka. Mengenai hal ini memang belum ada bukti medis yang mendukung. Tetapi jika khawatir mengalami gangguan tidur akibat asupan vitamin C, cobalah untuk mengonsumsi vitamin C di pagi hari.

2. Vitamin Malam

Vitamin dan suplemen yang mungkin lebih baik dikonsumsi pada malam hari atau menjelang waktu tidur yaitu:

  • Magnesium
  • Vitamin B3 (Niacin)

Vitamin B3, dapat membantu kamu tertidur. Bukti menunjukkan bahwa mengonsumsi dosis tinggi membantu beberapa orang lebih mudah tertidur karena kandungan niacin didalamnya.

Tapi sebaiknya, minumlah dalam jumlah wajar agar tidak menimbulakan hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk vitamin lainnya seperti vitamin A, D, E, K termasuk vitamin yang larut dalam lemak dan bisa diminum kapan pun baik pagi, siang atau malam hari karena tidak ada bukti yang menyebutkan waktu terbaik untuk mengonsumsinya.

Jadi, kamu dapat memilih waktu yang menurut kamu paling aman dan nyaman untuk mengonsumsi vitamin tersebut.

Ingat bahwa tubuh kamu memerlukan asupan vitamin untuk membantu memenuhi kebutuhan harian. Oleh sebab itu, kamu perlu kenali kapan waktu yang terbaik untuk minum vitamin serta suplemen di atas agar mendapatkan hasil optimal. Jika kamu ragu, tidak ada salahnya bertanya kepada dokter untuk menemukan solusi yang tepat.

Baca juga: 3 Cara Mudah Atasi Mata Panda

Hidup sehat

Multivitamin

Sehat itu mahal

Tips and trik

Vitamin


Tentang Kami
Karir
Kebijakan Privasi
Pedoman Media Siber
Kontak Kami