logo jurnalistika

Berjemur di Pagi Hari Dapat Mencegah Virus, Benarkah?

  • Firman Sy

    24 Jul 2021, 04:26 WIB

    Bagikan:

Ilutrasi/berjemur di bawah matahari

Jurnalistika.id – Di masa-masa pandemi seperti saat ini, banyak orang di seluruh dunia yang melakukan kegiatan berjemur pada pagi hari dan menganggap berjemur adalah cara yang paling mudah dan praktis dalam mencegah Covid-19. Tidak terkecuali orang di Indonesia.

Beberapa penelitian menyatakan bahwa sinar UV dan suhu panas di atas 56 derajat celcius dapat membunuh sejumlah virus, seperti virus SARS, flu burung, dan influenza.

Lantas benarkah berjemur pada pagi hari dapat membunuh virus corona?

Kegiatan berjemur menjadi hits saat pandemi

Prof. Brian Oliver  pakar penyakit pernapasan dari Universitas Teknologi Sydney, Australia, mencoba meluruskan kabar tentang peran sinar matahari atau cuaca hangat dalam menangkal virus corona, khususnya dari aspek temperatur.

“Sebagai contoh, suhu tubuh Anda adalah 37 derajat Celsius dan kita tahu bahwa virus corona bisa bertahan pada suhu tersebut. Jadi, jika suhu di luar 37 atau 40 derajat Cescius, virus tersebut mungkin akan tetap hidup,” Prof. Brian menjelaskan.

“Bila suhu mencapai 50 derajat Celsius, mungkin virus corona tak akan mampu bertahan. Tapi pertanyaannya, seberapa banyak tempat-tempat dengan suhu seperti itu?,” lanjutnya.

Baca Juga: Manfaat dan Larangan Vitamin D Untuk Tubuh

Manfaat Berjemur Pada Pagi Hari

Meski demikian, Prof. Brian juga mengatakan bahwa suhu ekstrem mungkin bisa bermanfaat.

“Suhu ekstrem dipakai dalam bentuk sterilisasi di rumah sakit,” ujarnya.

“Dan bila di luar cuaca sangat terik, radiasi ultraviolet dalam sinar matahari bisa membunuh virus. Pada dasarnya, ultraviolet dapat menghancurkan material genetik virus. Namun, tidak diketahui seberapa lama paparan yang dibutuhkan untuk bisa membunuh virus,” ia melanjutkan.

Ia berkesimpulan bahwa temperatur panas bisa bermanfaat. Namun, pada cuaca yang hangat, misalnya 37 derajat Celsius, tak akan bisa berbuat banyak untuk mencegah maupun membunuh virus corona.

Baca Juga: Manfaat Minum Air Putih di Pagi Hari

Sementara itu, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), dari berbagai bukti yang ada, virus COVID-19 bisa ditularkan di semua area, termasuk daerah dengan cuaca panas dan lembap. Apa pun iklimnya, lakukan tindakan perlindungan jika Anda tinggal di, atau bepergian ke area yang melaporkan kasus penyakit tersebut.

WHO juga mengatakan, cara terbaik untuk melindungi diri dari COVID-19 adalah dengan sering cuci tangan. Dengan ini, Anda menghilangkan virus yang mungkin menempel di tangan dan menghindari infeksi yang bisa terjadi saat Anda menyentuh, mata, hidung, dan mulut.

Berjemur

pagi hari

Tangka; virus

ultraviolet


Rekomendasi

Topik Pilihan

#

Vannesa Angel

#

Tangsel

#

Benyamin Davnie

#

Jokowi Dodo

#

PT. PITS

Terbaru

dsds

Fakta Menarik Desa Wisata Huta Tinggi: Dekat Danau Toba Identik Dengan Kerbau

Peringati Hari AIDS Sedunia, Ini Yang dilakukan KPA Purwakarta

Menitipkan Masa Depan Melalui Pohon : Investasi Oksigen

Ini Rincian UMK Banten Tahun 2022 yang Ditetapkan Gubernur Wahidin Halim

Pemkot Tangsel Gelar Pengembangan Pelaku Usaha Sektor Pertanian Demi Peningkatan Produksi

Ini Alasan Erick Thohir Gabung Banser

Pemkot Tangsel Gelar Giat Pengembangan Usaha Mikro Bagi Pelaku Usaha

Julham Firdaus Kembali Pimpin Bamus Tangsel, Begini Harapan Walikota