Senin, 23 Mei 2022

Tentang KamiRedaksiKontak Kami
Jurnalistika

Ternyata Ini Alasan Mochi Jadi Oleh-oleh Khas Sukabumi

  • Firmansyah

    01 Mar 2022, 14:01 WIB

    Bagikan:

image

Kue Mochi (c) katalogwisata.id

Jurnalistika.id – Berkembangnya kawasan Sukabumi menjadi tujuan wisata berbanding lurus dengan geliat ekonominya. Penduduk setempat memanfaatkan tingginya kunjungan wisatawan itu dengan menawarkan oleh-oleh khas Sukabumi. Satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Sukabumi adalah Kue Mochi.

“Karena di Kota Sukabumi ini kan punya beberapa objek wisata. Ada Pelabuhan Ratu terus ada Situ Gunung sekarang ini. Kalau melancong ke objek wisata itu mereka akan mampir dulu ke Kota Sukabumi. Mereka aduh ini apa ya oleh-oleh dari Sukabumi,” kata Rudi, Direktur Operasional Mochi Lampion.

Kue Mochi sendiri adalah kudapan yang terbuat dari tepung ketan berisi kacang merah. Konon, di negeri asalnya, Jepang. Kue ini lebih dikenal dengan nama Wagashi.

Pada masa penjajahan, tentara Jepang kerap membawa kue Mochi sebagai makanan karena kepraktisannya.

Baca juga: Resep Japchae, Bihun Gorengnya Korea Selatan

Lalu, mengapa Kue Mochi bisa menjadi oleh-oleh khas Sukabumi?

Rudi menjelaskan, dalam setiap acara, kue mochi menjadi kudapan wajib orang Jepang. Dari sana lah tentara Jepang kerap meminta penduduk membuat Mochi.

Kemudian, beberapa warga pribumi pun mencoba membuat sendiri di rumah. Dari situ mochi semakin berkembang.

Selain itu, di Sukabumi sendiri terdapat sentra produksi kue Mochi, salah satunya di Kampung Kaswari. Di kampung ini, ada beberapa produsen Mochi baik dalam skala besar maupun kecil.

“Jadi perkampungan Kaswari ini punya beberapa pabrik mochi. Banyak banget, dari mulai yang kecil sampai besar. Jadi sepanjang masuk ke gang itu, kanan kirinya warga berjualan mochi,” ujar Rudi.

Saat ini, Anda yang ingin membawa si mungil ini sebagai oleh-oleh, Mochi tak hanya bisa Anda dapatkan di Sukabumi. Beberapa penjual oleh-oleh di kawasan wisata puncak pun turut menjajajakannya.

Menurut Rudi, produsen mochi yang terlampau banyak membuat beberapa penjual coba berekspansi ke kawasan puncak. Hal ini mereka lakukan untuk mengejar kenaikan omset.

“Nah karena di Sukabumi sendiri persaingan penjualan mochi banyak pemainnya, jadi mereka ekspansi ke beberapa kota dan objek wisata di luar Sukabumi supaya omset penjualan bagus,” pungkasnya.

Bagi kamu yang kebingungan mencari oleh-oleh khas Sukabumi, Kue Mochi ini bisa jadi pilihan yang tepat, ya!

Sumber: (kompas/fs)

Baca berita dan informasi menarik lainnya di Google News

Kue Mochi

Mochi Kaswari

Mochi Sukabumi

Oleh-oleh khas Sukabumi

Oleh-oleh Sukabumi


Rekomendasi

Populer

187 Calon Jemaah Haji Asal Kota Tangsel Terancam Gagal Berangkat, Ini Sebabnya